PENGEMBANGAN PROMOSI PARIWISATA MELALUI MEDIA DIGITAL OLEH DINAS PARIWISATA (STUDI PADA 34 DINAS PARIWISATA PROVINSI DI INDONESIA)

RETNO , YULITA (2023) PENGEMBANGAN PROMOSI PARIWISATA MELALUI MEDIA DIGITAL OLEH DINAS PARIWISATA (STUDI PADA 34 DINAS PARIWISATA PROVINSI DI INDONESIA). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3671Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1689Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Destinasi pariwisata yang dikelola oleh setiap Dinas Pariwisata di Indonesia sangat perlu dipromosikan dengan memanfaatkan media digital agar dapat menarik lebih banyak konsumen dan dapat meningkatkan jumlah kunjungan. Promosi berperan penting dalam pemasaran pariwisata yang akan berdampak pada perekonomian nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan promosi pariwisata melalui media digital yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata di tingkat Provinsi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan sumbernya adalah data sekunder, yaitu website resmi 34 Dinas Pariwisata Provinsi yang ada di Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yaitu observasi nonpartisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa urutan media digital dari yang paling banyak digunakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi dalam mengembangkan promosi pariwisata yaitu website, Youtube, Facebook, Instagram, Twitter, dan Tiktok. Kemudian terdapat beberapa bentuk-bentuk promosi melalui media digital yang dilakukan Dinas Pariwisata Provinsi di Indonesia yaitu optimasi konten website dan media sosial; menyusun e-book dan calendar of event; promosi melalui talkshow, podcast, webseries atau film; serta menawarkan paket wisata. Diharapkan Dinas Pariwisata Provinsi dapat memperkuat sinergitas dengan masyarakat dan pelaku usaha dalam pengembangan pariwisata terutama dalam promosi pariwisata dengan memanfaatkan media digital sehingga dapat menjangkau lebih banyak calon pengunjung. Kata Kunci: Dinas Pariwisata, Media Digital, Promosi Pariwisata

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: 2301784205 . Digilib
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:34
Terakhir diubah: 19 Sep 2023 07:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75708

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir