KAJIAN PEMBERIAN BERAS ANALOG UBI KAYU WAXY YANG DISUBTITUSI GLUKOMANAN UMBI PORANG (AMORPHOPALLUS ONCOPHILLUS) SEBAGAI ANTIDIABETES MENCIT YANG DIINDUKSI ALOKSAN

Bella , Safitri (2023) KAJIAN PEMBERIAN BERAS ANALOG UBI KAYU WAXY YANG DISUBTITUSI GLUKOMANAN UMBI PORANG (AMORPHOPALLUS ONCOPHILLUS) SEBAGAI ANTIDIABETES MENCIT YANG DIINDUKSI ALOKSAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak (Bella Intan Ayu Safitri).pdf

Download (279Kb) | Preview
[img] File PDF
Full Tesis (Bella Intan Ayu Safitri).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Tesis Tanpa Pembahasan (Bella Intan Ayu Safitri).pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Beras analog ubi kayu waxy yang disubtitusi glukomanan porang (Amorphopallus Oncophillus) mengandung serat yang tinggi dan memiliki indeks glikemk yang rendah (43) sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian beras analog ubi kayu waxy yang disubtitusi glukomanan porang terhadap kadar gula darah, histologi pankreas, hari, dan ginjal mencit yang diinduksi aloksan. Percobaan disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) terdiri dari 4 kali perlakuan dengan 6 ulangan. Data yang diperoleh diuji keseragamannya dengan menggunakan uji Bartlett dan kemenambahan data diuji dengan uji Tuckey. Selanjutnya data dianalisis dengan sidik ragam untuk mendapatkan penduga ragam galat dan mengetahui pengaruh perlakuan, kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji BNT pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian beras analog ubi kayu waxy yang disubtitusi glukomanan porang pada mencit yang diinduksi aloksan dapat menurunkan kadar gula darah pada mencit yang diinduksi aloksan menjadi 117,33 mg/dL pada hari ke-14 dan dapat mempercepat penyembuhan pankreas, hati, dan ginjal dengan skor secara berurutan sebesar 1,23, 1,67, dan 0,63.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Magister Teknologi Industri Pertanian
Pengguna Deposit: 2208928991 . Digilib
Date Deposited: 19 Sep 2023 08:51
Terakhir diubah: 19 Sep 2023 08:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75712

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir