Supadiyo, RIA SUSI JUMAIDA (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V SDN 2 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
mengesahkan.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar isi.pdf - Published Version Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (189Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (155Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (424Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (17Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (2147Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V SD Negeri 2 Metro Selatan guru cenderung menggunakan metode ceramah sehingga kurang mampu merangsang siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran, hal ini berdampak pada hasil belajar siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V SDN 2 Metro Selatan. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus dengan proses kajian berdaur terdiri empat tahap. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang langkah-langkahnya terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan instrument berupa lembar observasi siswa dan guru dalam proses pembelajaran untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode diskusi serta lembar evaluasi belajar siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisa data menggunakan rumus sederhana yaitu persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil analisa data menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas V SDN 2 Metro Selatan dapat meningkatkan aktivitas siswa. Rata-rata aktivitas belajar siswa antara siklus I, siklus II, dan siklus III meningkat dari 33,33% menjadi 55,56% dan 63,89%. Demikian juga hasil belajar terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2, dan ke siklus 3 yaitu nilai rata-ratanya 64,72; 74,72; dan 76,11.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 28 Jan 2014 02:34 |
Terakhir diubah: | 28 Jan 2014 02:34 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/758 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |