PERANCANGAN DAN SIMULASI SISTEM KENDALI ADAPTIVE PID PADA MOTOR BRUSHLESS DIRECT CURRENT (BLDC) MENGGUNAKAN METODE MODEL REFERENCE ADAPTIVE CONTROLLER (MRAC)

Zahwa Dinda , Aulia (2023) PERANCANGAN DAN SIMULASI SISTEM KENDALI ADAPTIVE PID PADA MOTOR BRUSHLESS DIRECT CURRENT (BLDC) MENGGUNAKAN METODE MODEL REFERENCE ADAPTIVE CONTROLLER (MRAC). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (245Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full_Zahwa Dinda Aulia.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2332Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Bab 4_Zahwa Dinda Aulia.pdf

Download (1682Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Motor BLDC merupakan salah satu jenis motor listrik arus searah yang dirancang tanpa menggunakan sikat dan sudah banyak digunakan di industri, seperti industri otomotif, konsumsi, kesehatan, otomasi industri dan instrumentasi. Maka dari itu kinerja dari motor ini harus baik. Untuk memastikan motor BLDC tetap dalam keadaan yang baik diperlukan sistem rekayasa kendali sebagai pengontrol sistem. Salah satu sistem kendali yang telah diaplikasikan yaitu sistem kendali kecepatan motor dengan kendali Proportional Integral Derivative (PID) tunggal. Penelitian ini merancang sebuah sistem kendali PID untuk mengendalikan kestabilan motor BLDC yang bersifat adaptif. Metode yang digunakan Model Reference Adaptive Controller (MRAC) dengan 4 kondisi pengujian yang berbeda, dan didapatkan nilai parameter-parameter Kp = 0,4 ; Ki=50,75 ; Kd=0,0000867. Penelitian ini menggunakan MATLAB R2017a. Perancangan sistem telah berhasil memberikan peningkatan efisiensi berkisar antara 4,2% hingga 21,9% dari 4 kondisi pengujian. Saat sistem dalam keaadaan stabil memberikan tingkat keberhasilan sistem 98,9% dengan error 1,1%. Perubahan set point pada sistem menghasilkan tingkat keberhasilan sistem 98,85% dengan error sebesar 1,15%. Pembebanan yang diberikan pada sistem menghasilkan tingkat keberhasilan sistem 81,2% dengan error sebesar 18,8%. Gangguan yang terjadi pada sistem memberikan tingkat keberhasilan sistem 96,5% dengan error sebesar 3,5%.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Elektro
Pengguna Deposit: 2308323192 . Digilib
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:12
Terakhir diubah: 25 Sep 2023 07:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75837

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir