PENGARUH URIN KAMBING YANG DIPERKAYA DENGAN BAHAN ORGANIK HIJAUAN TERHADAP PRODUKSI TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa Subsp. Chinensis)

KARIMAH , KARIMAH (2023) PENGARUH URIN KAMBING YANG DIPERKAYA DENGAN BAHAN ORGANIK HIJAUAN TERHADAP PRODUKSI TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa Subsp. Chinensis). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2869Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2716Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pakcoy (Brassica rapa Subsp. Chinensis) termasuk ke dalam jenis sayur daun yang mudah dibudidayakan karena umur panennya relatif sangat singkat. Kebutuhan akan pakcoy dari tahun ke tahun meningkat sehingga perlu diimbangi dengan produksi yang tinggi. Untuk meningkatkan produksi yang tinggi, umumnya pupuk yang ditambahkan oleh petani adalah pupuk NPK anorganik. Untuk mengurangi penggunaan pupuk NPK anorganik yang intensif dapat digunakan pupuk organik cair yang berbahan dasar urin kambing dan diperkaya dengan bahan organik hijauan berupa daun gamal dan daun kelor. Di dalam pupuk organik cair mengandung berbagai asam organik. Asam-asam organik tersebut dapat melepaskan unsur hara yang terikat oleh tanah sehingga lebih tersedia bagi tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis pupuk organik cair yang terbaik dalam meningkatkan produksi tanaman pakcoy. Penelitian dirancang menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) non-faktorial. Perlakuan tersebut terdiri dari 4 perlakuan yaitu pupuk NPK anorganik (P1); 5g/tanaman (Siaga dan Lakitan, 2021), POC urin kambing (P2); 100ml/tanaman, POC urin kambing dan daun gamal (P3);100ml/tanaman, dan POC urin kambing dan daun kelor (P4); 100ml/tanaman. Dosis dari ketiga jenis perlakuan POC merupakan hasil pengenceran dari 120 ml POC menjadi 1 liter air. Data dianalisis dengan analisis ragam dan dilanjutkan dengan uji BNJ pada taraf 5% dan 1%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi pupuk organik cair berbahan dasar urin kambing dan daun kelor dapat menggantikan pupuk NPK anorganik pada budidaya tanaman pakcoy. Perlakuan ini menghasilkan bobot berangkasan segar tanaman pakcoy lebih tinggi daripada perlakuan lainnya yang didukung oleh variabel tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, panjang daun, dan lebar daun. Kata kunci: Daun gamal, Moringa oleifera, pupuk organik cair, pupuk anorg

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 2308096679 . Digilib
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:14
Terakhir diubah: 25 Sep 2023 07:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75840

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir