AKTUALISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SEKOLAH PENGGERAK

Suprapti, Suprapti (2023) AKTUALISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SEKOLAH PENGGERAK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1382Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1208Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kurikulum Merdeka diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor No. 262 Tahun 2022 Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran, salah satu kegiatan utamanya adalah proyek penguatan profil pelajar Pancasila yang meliputi enam dimensi beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinnekaan global, bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mendalam tentang dan aktualisasi profil pelajar Pancasila melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskripif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara dengan informan guru dan siswa, teknik observasi dilakukan dengan mengamati pelaksanaan pembelajaran, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat menjadi salah satu alternatif yang efektif dalam mengaktualisasikan beberapa karakter profil pelajar Pancasila. Terlihat dari perilaku peserta didik yang mengalami perubahan dalam tahap refleksi, persiapan, tindakan dan pemeliharaan yang menunjukkan adanya kemauan dan upaya peserta didik untuk mengadopsi perilaku sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Melalui pengalaman langsung dalam pembelajaran berbasis proyek yang membantu siswa memahami dan menghayati nilai-nilai Pancasila secara lebih mendalam. Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran berbasis proyek

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2308595200 . Digilib
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:21
Terakhir diubah: 25 Sep 2023 07:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75844

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir