TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PEMBATALAN MEREK DAGANG STARBUCKS MILIK PT. SUMATRA TOBACCO TRADING COMPANY OLEH STARBUCKS CORPORATION (Studi Putusan Mahkamah Agung No. 836 K/Pdt.Sus-HKI/2022)

Lestari , Lestari (2023) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PEMBATALAN MEREK DAGANG STARBUCKS MILIK PT. SUMATRA TOBACCO TRADING COMPANY OLEH STARBUCKS CORPORATION (Studi Putusan Mahkamah Agung No. 836 K/Pdt.Sus-HKI/2022). FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2495Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2293Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendaftaran Merek di Indonesia menganut prinsip first to file yang artinya perlindungan hukum akan diberikan kepada pemilik Merek yang telah mendaftarkan terlebih dahulu ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Namun prinsip first to file dalam konsep pendaftaran Merek di Indonesia dapat dikesampingkan apabila ditemukan bukti-bukti saat proses pendaftaran Merek tidak beritikad baik dan melanggar peraturan Perundang-undangan. Oleh karena itu prinsip first to file dalam konsep pendaftaran Merek di Indonesia tidak berlaku absolut sebagaimana makna yang terkandung didalamnya. Selain itu prinsip tersebut digunakan oleh pihak lain untuk mendompleng Merek terkenal pemilik yang sebenarnya namun belum mendaftarkan di Indonesia. Sehingga hal ini menjadi kekosongan hukum atas penerapan perlindungan hukum Merek di Indonesia. Metode penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif dengan tipe penelitian deskriptif, menggunakan pendekatan Perundang-undangan dan pendekatan kasus. Data penelitian yang digunakan adalah data sekunder. Data sekunder sebagai informasi berupa bahan hukum yang meliputi, bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Teknik pengumpulan data digunakan dengan studi kepustakaan, Pengolahan data dilakukan dengan cara pemerisaan data, klasifikasi data, dan sistematika data yangselanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa sengketa dalam kepemilikan hak atas Merek sebagaimana hasil pengkajian terhadap Putusan Mahkamah Agung Nomor 836 K/Pdt.Sus-HKI/2022. Starbucks Corporation yang merupakan pendaftar Merek nama Starbucks pertama dalam sebuah pemegang Merek Terkenal yang sah. Dan mempunyai kewenangan dalam pembatalan Merek Starbucks pihak Tergugat PT. Sumatra Tobacco Trading Company. Karena terdapat pembuktian atas pendompelangan nama Merek Starbucks dengan itikad tidak baik, untuk kepentingan dalam penjualan usahanya sehingga mengakibatkan persaingan usaha yang tidak sehat. Kata Kunci : Tinjauan Yuridis, Pembatalan Merek, Merek Starbucks.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum > 346 Hukum privat, hukum perdata
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: 2308843359 . Digilib
Date Deposited: 26 Sep 2023 02:47
Terakhir diubah: 26 Sep 2023 02:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75851

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir