PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

FAHIRATU, SANIA (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh media pembelajaran Powtoon terhadap motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 201 peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknis tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil uji regresi sederhana menunjukan Fhitung = 10,47 > Ftabel = 4,15. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh media pembelajaran Powtoon terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Metro Pusat Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata kunci: media pembelajaran, motivasi belajar, powtoon. The problem in this research was the low learning motivation of fourth grade student at Muhammadiyah Metro Central Elementary School. The purpose of this study was to describe and analyze the existence of a significant effect of the use of powtoon learning media on studens learning motivation. This type of research is a quantitative research with an experimental approach. The research design used is the non equivalent control group design. The population this study was 201 students who were divided into a control class and an experimental class. The sampling technique used is purposive sampling. Data collection techniques using observation sheets and questionnaire sheets. The hypothesis test in this study used a simple regression test,the results of the study showed that Fcount = 10,47 > Ftabel = 4,15. The conclusion in this study is that there is an influence of Powtoon media learning on the learning motivation of fourth grade students at Muhammadiyah Metro Central Elementary School. Keywords: learning media, learning motivation, powtoon.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308520858 . Digilib
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:35
Terakhir diubah: 26 Sep 2023 03:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75869

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir