IMUNOGENISITAS DAN TINGKAT KEAMANAN VAKSIN POLIVALEN Streptococcus PADA IKAN NILA Oreochromis niloticus (Linnaeus, 1758)

ERMA , KUSUMA WARDANI (2023) IMUNOGENISITAS DAN TINGKAT KEAMANAN VAKSIN POLIVALEN Streptococcus PADA IKAN NILA Oreochromis niloticus (Linnaeus, 1758). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (145Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3454Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3118Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Ikan nila merupakan salah satu komoditas unggulan perikanan budi daya di Indonesia. Salah satu kendala dalam budi daya nila adalah penyakit streptococcosis yang diakibatkan oleh bakteri Streptococcus. Vaksin polivalen Streptococcus telah dikembangkan untuk mencegah penyakit streptococcosis pada ikan nila, namun belum diketahui imunogenisitas dan tingkat keamanan vaksin tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh vaksin polivalen Streptococcus terhadap nilai titer antibodi dan tingkat keamanan terhadap nila. Penelitian ini dilakukan di Balai Pengujian Kesehatan Ikan dan Lingkungan Serang. Terdapat dua tahap pengujian, yaitu uji imunogenisitas dengan pemberian vaksin Streptococcus polivalen dengan injeksi intraperitoneal 0,1 ml/ekor. Sebagai kontrol positif ikan diinjeksi dengan NaCl 0,1 ml/ekor, dan pada ikan kontrol negatif tidak diinjeksi baik vaksin maupun NaCl. Titer antibodi diukur pada hari ke-0, 7, 14, 21, 28, dan 35. Tahap kedua, ikan diuji dengan vaksin yang sama dengan dosis 0,2 ml/ekor untuk diukur histopatologi dan melanomakrofag pada hari ke-0, 2, 7, 14, dan 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian vaksin polivalen Streptococcus dapat meningkatkan antibodi sebanyak 32%. MMC limpa nila yang divaksin meningkat pesat di hari ke-21 dengan luas 23.625,17 µm2. Berdasarkan histopatologi nila, antar perlakuan vaksin dan kontrol negatif tidak ditemukan perbedaan. Survival rate nila mencapai 100% dengan hasil pertumbuhan bobot dan panjang mutlak tidak berbeda nyata antar perlakuan. Simpulan dari penelitian ini adalah vaksin polivalen Streptococcus dapat meningkatkan nilai titer antibodi dan aman untuk diaplikasikan pada nila. Kata Kunci: Histopatologi, melanomakrofag center, nila, titer antibodi, vaksin polivalen Streptococcus

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Budidaya Perairan
Pengguna Deposit: 2308267019 . Digilib
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:21
Terakhir diubah: 27 Sep 2023 04:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75896

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir