EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTUAN SIMULASI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERPRETASI MAKNA REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI STOIKIOMETRI

Wulandari, Devi (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTUAN SIMULASI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERPRETASI MAKNA REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI STOIKIOMETRI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK-1.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3367Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1965Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul dalam meningkatkan kemampuan interpretasi makna representasi kimia siswa pada materi stoikiometri dan mendeskripsikan profil kemampuan interpretasi makna representasi kimia setelah perlakuan. Metode dalam penelitian menggunakan desain penelitian The Matching Only Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMA N 2 Metro Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain bernilai 0,78 atau berkriteria tinggi di kelas eksperimen. Profil kemampuan interpretasi makna representasi kimia siswa setelah perlakuan menunjukkan sebesar 52% pada kategori sangat baik, 45% baik dan 3% cukup. Hasil uji t menunjukkan nilai rata-rata n-gain kemampuan interpretasi makna representasi kimia siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata n-gain kemampuan interpretasi makna representasi kimia siswa di kelas kontrol pada materi stoikiometri. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul efektif dalam meningkatkan kemampuan interpretasi makna representasi kimia pada materi stoikiometri

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2301002999 . Digilib
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:09
Terakhir diubah: 29 Sep 2023 02:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75920

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir