Wulandari, Devi (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTUAN SIMULASI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERPRETASI MAKNA REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI STOIKIOMETRI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK-1.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN.pdf Restricted to Hanya staf Download (3367Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1965Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul dalam meningkatkan kemampuan interpretasi makna representasi kimia siswa pada materi stoikiometri dan mendeskripsikan profil kemampuan interpretasi makna representasi kimia setelah perlakuan. Metode dalam penelitian menggunakan desain penelitian The Matching Only Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMA N 2 Metro Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain bernilai 0,78 atau berkriteria tinggi di kelas eksperimen. Profil kemampuan interpretasi makna representasi kimia siswa setelah perlakuan menunjukkan sebesar 52% pada kategori sangat baik, 45% baik dan 3% cukup. Hasil uji t menunjukkan nilai rata-rata n-gain kemampuan interpretasi makna representasi kimia siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata n-gain kemampuan interpretasi makna representasi kimia siswa di kelas kontrol pada materi stoikiometri. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul efektif dalam meningkatkan kemampuan interpretasi makna representasi kimia pada materi stoikiometri
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2301002999 . Digilib |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 02:09 |
Terakhir diubah: | 29 Sep 2023 02:09 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75920 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |