PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 2 TULANG BAWANG BARAT

ETIKA , WITANTRI (2023) PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 2 TULANG BAWANG BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari Sigeh Penguten menggunakan metode tutor sebaya pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Tulang Bawang Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, langkah-langkah pelaksanaan metode tutor sebaya adalah:. (1) Pembina menjelaskan topik, tujuan pembelajaran dan tahapan yang dilalui siswa. (2) Pembina membagi siswa menjadi beberapa kelompok. (3) Terjadi interaksi antara tutor dengan siswa, siswa dengan satu kelompoknya. (4) Setiap kelompok menyepakati suatu gerakan seperti ragam gerak lapah tebeng, kelompok tersebut menyepakati kaki kanan atau kiri terlebih dahulu yang melangkah. (5) Setiap kelompok mempraktikkan ragam gerak yang sudah diajarkan tutor dihadapan kelompok lain. (6) Setiap masalah baru yang muncul dicatat oleh pembina dan diberikan solusinya. (7) Pembina memberikan kesimpulan masalah dan solusinya agar pemahaman setiap siswa sama. Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya tutor sebaya proses pembelajaran lebih efektif, antar siswa intens berlatih serta kemampuan menari siswa pada setiap pertemuan meningkat. Kata Kunci: Metode Tutor Sebaya, Pembelajaran, Tari Sigeh Penguten This study intends to describe the Sigeh Pengunten dance lesson utilizing the peer teaching method in extracurricular activities at public junior high school 2 in Tulang Bawang Barat. Utilizing a qualitative research approach, dataiwere gathered through observation,iinterview, andidocumentation. Techniques for data analysis that include dataireduction,idataipresentation,iand conclusion. Based on the observations of the Sigeh Pengunten dance learning process, the following phases are employed in the peer teaching method: (1) The instructor provides an explanation of the subject, the learning objectives, and the steps that the students must follow. (2) The instructor divided the class into smaller groups. (3) There is interaction between instructor and students and between the students and their teammate. (4) Each group decides on a motion movement. (5) each group puts into practice the varied material the coach has taught before the other group. 6) The instructor notes any new problems and provides the solution. (7) The instructor also brings the topic and its resolution to a close so that each student has the same level of comprehension. This study's findings show that the peer learning process are more efficient and that learners' competence increases with each session. Keyword: Learning, Peer Teaching Method, Sigeh Penguten Dance

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2308640060 . Digilib
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:32
Terakhir diubah: 03 Oct 2023 02:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76012

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir