Erika Suci, Amalia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBAK (OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (280Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1494Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1676Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran OBAK (Observasi, Berpikir Analisis, dan Komunikasi) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di SMPN 19 Pesawaran. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dengan kelas VII B (30 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C (29 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimen dengan bentuk desain Pretest-Posttest non-equivalent control grup design. Jenis data dalam penelitian berupa data kuantitatif, yaitu data hasil keterampilan berpikir kritis dari pretest, posttest, dan N-gain serta angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan model OBAK. Data rata-rata nilai pretest, posttest, dan n-gain sebagai hasil peningkatan keterampilan berpikir kritis kemudian dianalisis dengan uji Independent Sample t-test (α=0,05) didapatkan nilai (Sig.0,00 < 0,05) serta hasil uji effect size sebesar 0,98 dengan kriteria besar. Kemudian, hasil analisis angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan model OBAK memiliki persentase 85,14% dengan kategori sangat tinggi. Hal tersebut menunjukkan model OBAK mendapatkan respon positif dari peserta didik. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran OBAK (Observasi, Berpikir Analisis, dan Komunikasi) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Kata Kunci: model pembelajaran OBAK, observasi, berpikir analisis, komunikasi, berpikir kritis, dan pencemaran lingkungan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2308232706 . Digilib |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 04:34 |
Terakhir diubah: | 03 Oct 2023 04:34 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76027 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |