PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBAK (OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Erika Suci, Amalia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBAK (OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (280Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1494Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1676Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran OBAK (Observasi, Berpikir Analisis, dan Komunikasi) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di SMPN 19 Pesawaran. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dengan kelas VII B (30 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C (29 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimen dengan bentuk desain Pretest-Posttest non-equivalent control grup design. Jenis data dalam penelitian berupa data kuantitatif, yaitu data hasil keterampilan berpikir kritis dari pretest, posttest, dan N-gain serta angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan model OBAK. Data rata-rata nilai pretest, posttest, dan n-gain sebagai hasil peningkatan keterampilan berpikir kritis kemudian dianalisis dengan uji Independent Sample t-test (α=0,05) didapatkan nilai (Sig.0,00 < 0,05) serta hasil uji effect size sebesar 0,98 dengan kriteria besar. Kemudian, hasil analisis angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan model OBAK memiliki persentase 85,14% dengan kategori sangat tinggi. Hal tersebut menunjukkan model OBAK mendapatkan respon positif dari peserta didik. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran OBAK (Observasi, Berpikir Analisis, dan Komunikasi) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Kata Kunci: model pembelajaran OBAK, observasi, berpikir analisis, komunikasi, berpikir kritis, dan pencemaran lingkungan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308232706 . Digilib
Date Deposited: 03 Oct 2023 04:34
Terakhir diubah: 03 Oct 2023 04:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76027

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir