PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BETABE BERBASIS POWER POINT INTERAKTIF DI SMP NEGERI 10 METRO

PRATA , HANIFAH KHOIRUNNISA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BETABE BERBASIS POWER POINT INTERAKTIF DI SMP NEGERI 10 METRO. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (10Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan media pembelajaran Betabe berbasis Power Point Interaktif pada pembelajaran Tari Bedana di SMP Negeri 10 Metro, (2) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran Betabe, (3) mendeskripsikan kemudahan pengunaan bagi pendidik dan daya tarik bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model 4D (Define : wawancara bersama narasumber dan pendidik), (Design : diskusi bersama ahli di bidang desain grafis), (Develop : wawancara bersama ahli dan melakukan revisi), dan (Disseminate :packaging, diffusion and adoption) dan menghasilkan sebuah produk media pembelajaran yang bernama Betabe atau dibaca (biteb). Aspek kelayakan media dapat dilihat pada komponen penilaian tampilan yang dilakukan oleh ahli media, sedangkan aspek kelayakan materi dapat dilihat dari penilaian ahli materi, dan kemudahan penggunan dapat dilihat dari penilain pendidik dan kemenarikan dilihat dari penilaian peserta didik. Produk media pembelajaran tersebut memperoleh hasil kelayakan ahli di bidang pengembangan media dengan nilai rata-rata 4,72 dan kriteria “Sangat Layak”. Nilai yang diperoleh dari ahli materi yaitu sebesar 4.10 dengan kriteria “Layak”. Untuk menilai kemudahan dan kemenarikan dari media pembelajaran Betabe ditentukan oleh penilaian oleh pendidik dan juga peserta didik, berdasarkan uji coba yang dilakukan media tersebut memperoleh nilai sebesar 4,80 oleh pendidik dan 4,56 oleh peserta didik dengan kriteria “mudah dan menarik”. Media Pembelajaran Betabe desebarkan melalui 2 platform media sosial yaitu YouTube dan Instagram, dan dapat diakses melalui link https://s.id/1Tare pada google drive. Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Betabe, Pembelajaran Tari Bedana The aims of this study were (1) to develop Betabe learning media based on Interactive Power Point in Bedana Dance learning at SMP Negeri 10 Metro, (2) to describe the feasibility of Betabe learning media, (3) to describe the ease of use for educators and attractiveness for students . This study uses the Research and Development method with the 4D model (Define: interviews with informants and educators), (Design: discussions with experts in the field of graphic design), (Develop: interviews with experts and conducts revisions), and (Disseminate: packaging, diffusion and adoption) and produce a learning media product called Betabe or read (biteb). Aspects of the feasibility of the media can be seen in the display assessment components carried out by media experts, while aspects of the feasibility of the material can be seen from the assessment of material experts, and ease of use can be seen from the assessment of educators and attractiveness seen from the assessment of students. The learning media product obtained expert eligibility results in the field of media development with an average value of 4.72 and the criteria of "Very Eligible". The value obtained from the material expert is 4.10 with the criteria of "Decent". To assess the ease and attractiveness of the Betabe learning media, it is determined by assessments by educators and also students. Based on trials conducted, the media obtained a score of 4.80 by educators and 4.56 by students with the criteria of "easy and interesting". Betabe Learning Media is distributed through 2 social media platforms, namely YouTube and Instagram, and can be accessed via the https://s.id/1Tare link on Google Drive. Keywords: Development, Betabe Learning Media, Bedana Dance learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 400 Bahasa
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2308950645 . Digilib
Date Deposited: 03 Oct 2023 06:52
Terakhir diubah: 03 Oct 2023 06:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76040

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir