PERUBAHAN KETERSEDIAAN DAN SERAPAN Cu-Zn OLEH RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum) PADA TANAH TERCEMAR LOGAM BERAT DENGAN PERLAKUAN BERBAGAI JENIS BIOCHAR

Kurnia, Rahma Dani (2023) PERUBAHAN KETERSEDIAAN DAN SERAPAN Cu-Zn OLEH RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum) PADA TANAH TERCEMAR LOGAM BERAT DENGAN PERLAKUAN BERBAGAI JENIS BIOCHAR. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (204Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1853Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1218Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Limbah industri berupa logam berat seperti Cu dan Zn telah menjadi masalah pencemaran tanah yang merugikan bagi kesehatan manusia. Konsentrasi Cu dan Zn yang relatif tinggi dapat bersifat toksik untuk tanaman namun jika dalam jumlah tertentu akan menjadi esensial bagi tanaman. Penurunan ketersediaan logam berat dalam tanah dapat dilakukan dengan menggunakan tanaman seperti tanaman rumput gajah yang merupakan tanaman remediator. Selain itu, penambahan bahan organik berupa biochar berbagai jenis diharapkan dapat menurunkan konsentrasi logam berat dalam tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh tanaman rumput gajah dalam menyerap logam berat Cu dan Zn tersedia dan mempelajari pengaruh pemberian biochar berbagai jenis terhadap perubahan ketersediaan Cu dan Zn di tanah tercemar logam berat. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Plastik Perguruan Tinggi Al-Madani, Rajabasa, Bandar Lampung. Analisis tanah dan tanaman dilakukan di Laboratorium Ilmu Tanah, Fakultas Pertanain, Universitas Lampung. Penelitian ini disusun secara faktorial menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah contoh tanah diperlakukan limbah industri: 0, 15 dan 60 Mg ha-1 Faktor kedua adalah jenis biochar: sekam padi, batang singkong, tongkol jagung. jkdjhdishdjkxhdvvHasil menunjukkan biochar tidak berpengaruh terhadap Cu dan Zn tersedia tanah tercemar logam berat. Terdapat kecenderungan serapan Cu dalam akar tanaman meningkat dengan Cu tersedia tanah dan serapan Zn dengan meningkatnya Zn tanah tersedia. Serapan Cu tertinggi diperlihatkan pada tanah dengan limbah industri 60 Mg ha-1 (tertinggi) dengan perlakuan biochar batang singkong. Serapan Cu pada limbah industri 60 Mg ha-1 terendah akibat perlakuan biochar sekam padi. Serapan Zn pada limbah industri 60 Mg ha-1 terendah akibat perlakuan biochar batang singkong. Kata kunci: Batang Singkong, Biochar Limbah Industri, Rumput Gajah, Sekam Padi, Seng, Tembaga, Tongkol Jagung.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Tanah
Pengguna Deposit: 2308905276 . Digilib
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:28
Terakhir diubah: 03 Oct 2023 07:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76043

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir