PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI KOMUNIKASI DATA DI SMKN 2 BANDAR LAMPUNG

ACHMAD SATRIO , FAJAR (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI KOMUNIKASI DATA DI SMKN 2 BANDAR LAMPUNG. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (180Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3638Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2833Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Guru dan sekolah sulit untuk menyesuaikan dalam proses pembelajaran yang daring, maka diperlukannya pengembangan video pembelajran yang dapat memudahkan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan sebuah video pembelajaran yang valid dan praktis mengenai komunikasi data, yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas XII di Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Bandarlampung. Subjek penelitian ini terdiri dari 30 orang siswa kelas XII di jurusan tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan yang diadaptasi sadiman yang meliputi 9 tahapan yaitu indentifikasi kebutuhan, perumusan tujuan, perumusan butir-butir materi, perumusan alat pengukur keberhasilan, penulisan naskah, produksi media, uji coba, revisi, media siap pakai. Penelitian pengembangan ini berhasil menciptakan sebuah produk yang memenuhi standar validitas dan praktis. Video pembelajaran yang telah dikembangkan telah melalui proses validasi dan memenuhi kriteria yang baik serta layak digunakan, dengan rata-rata nilai uji ahli materi sebesar 0,88 dan uji validasi oleh ahli media juga sebesar 0,88, dengan kategori sangat valid. Selain itu, video pembelajaran ini juga meraih hasil yang sangat baik dari uji kepraktisan kepada siswa, dengan persentase rata-rata sebesar 84%.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: 2308332460 . Digilib
Date Deposited: 05 Oct 2023 06:06
Terakhir diubah: 05 Oct 2023 06:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76052

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir