KARAKTERISASI BIOKIMIA, IDENTIFIKASI MOLEKULER, PATOGENISITAS, DAN KISARAN INANG Pectobacterium sp. PATOGEN BUSUK BATANG JAGUNG (Zea mays)

Oka, Emaniyar (2023) KARAKTERISASI BIOKIMIA, IDENTIFIKASI MOLEKULER, PATOGENISITAS, DAN KISARAN INANG Pectobacterium sp. PATOGEN BUSUK BATANG JAGUNG (Zea mays). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2754Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1137Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, identitas, patogenisitas, dan inang alternatif penyebab penyakit busuk batang jagung. Penelitian ini dilaksanakan pada Agustus 2022 sampai Juni 2023 di Laboratorium Bioteknologi dan Laboratorium Ilmu Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Sebanyak tiga isolat bakteri yang diduga menjadi penyebab busuk batang jagung digunakan dalam penelitian ini. Karakterisasi dan identifikasi dilakukan berdasarkan hasil uji biokimia dan analisis sekuens RecA. Uji kemampuan bakteri pectobacterium sp. dalam menginfeksi beberapa varietas tanaman jagung dilakukan pada lima varietas. Uji kisaran inang dilakukan pada beberapa macam spesies tanaman. Hasil uji biokimia memperlihatkan bahwa isolat bakteri merupakan Gram negatif, bersifat fermentatif, lechitinase negatif, hipersensitif dua isolat positif dan tiga isolat negatif, soft rot positif, tidak berpendar pada media King’s B, arginine dihydrolase tiga isolat positif dan dua isolat negatif, casein positif, mampu tumbuh pada suhu 39ºC tapi tidak mampu tumbuh pada suhu 40ºC, mampu menggunakan D-arabinose, D-tartrate, Glycerol, Inulin, Lactose, Cisaconitic acid, D-melibiose, D-raffinose, 5-ketogluconate, Citic acid monohydrate, Mannitol, M-tartrate, Myoinnositol, Strach, Sortic acid, dan Tri sodium citrate dihydrate sebagai sumber karbonnya. Hasil identifikasi molekuler menggunakan sekuen recA menunjukkan isolat yang diuji berada dalam kelompok Pectobacterium aroidearum. Hasil uji kemampuan bakteri pectobacterium sp. dalam menginfeksi beberapa varietas tanaman jagung menunjukkan hasil bahwa tiga isolat bakteri mampu menginfeksi pada semua varietas yang diuji. Hasil uji kisaran inang menunjukkan tiga isolat bakteri mampu menginfeksi bawang merah, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, seledri, wortel, lobak putih, labu siam, cabai, paprika, kacang panjang, buncis, okra, gambas, timun, pak coy, pare, lidah buaya, sawi putih, kubis, tomat. Kata Kunci: identifikasi, jagung, karakterisasi, patogenisitas, dan P.aroidearum

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 001 Ilmu pengetahuan
600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 2308799735 . Digilib
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:46
Terakhir diubah: 04 Oct 2023 07:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76070

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir