PERAN LSM DALAM PEMENUHAN HAK INFORMASI KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA (Studi pada Lembaga Advokasi Perempuan DAMAR kota Bandar Lampung)

Dina , Putri Meilinda (2023) PERAN LSM DALAM PEMENUHAN HAK INFORMASI KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA (Studi pada Lembaga Advokasi Perempuan DAMAR kota Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1156Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (974Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana peran suatu NGO atau LSM yang ada di tengah masyarakat dalam memberikan hak informasi kesehatan reproduksi (kespro) pada remaja di Kota Bandar Lampung. NGO yang djadikan objek dalam penelitian adalah Lembaga Advokasi Perempuan DAMAR. Peran DAMAR di Kota Bandar Lampung sudah sangat kompleks, dan sudah dimulai sejak 22 tahun lalu. Pada penelitian ini, fokus utamanya adalah mengetahui bagaimana peran dari DAMAR untuk memberikan pendidikan kesehatan reproduksi kepada remaja usia sekolah di Kota Bandar Lampung dengan berbagai strategi yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif pendekatan deskriptif, yang menekankan pada penggambaran suatu cara atau strategi yang dilakukan Lembaga Advokasi Perempuan DAMAR dalam merespons isu-isu yang ada di masyarakat, terutama tentang kespro pada usia remaja. Penelitian ini melibatkan 7 orang informan yang terdiri atas 4 orang staf internal DAMAR dan juga 3 informan pendukung yang berasal dari mitra atau stakeholder kolaborasi program yang dilakukan oleh DAMAR. Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa DAMAR memiliki strategi untuk memberikan remaja-remaja yang ada di Kota Bandar Lampung terkait pengetahuan dan pemenuhan hak informasi mereka yang berkenaan dengan kesehatan reproduksi (kespro). Hal tersebut dilakukan DAMAR dengan berbagai strategi yang dipercaya selama bertahun-tahun dan masih berjalan hingga saat ini. DAMAR aktif untuk mengadvokasi kebijakankebijakan yang masih belum pro terhadap pendidikan reproduksi, mengadvokasi perempuan perempuan korban kekerasan seksual dan reproduksi, serta aktif melakukan lobby dan hearing terkait dengan pentingnya pemenuhan hak kesehatan seksual dan reproduksi (HKSR) pada remaja. Selain itu, DAMAR juga membentuk dan memberdayakan kelompok akar rumput untuk menjalankan kegiatan, dan mereka menjadi motor kegiatan DAMAR secara aktif dan berkelanjutan. Kata Kunci: Advokasi, Strategi, Kesehatan Reproduksi, Remaja.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2308302462 . Digilib
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:55
Terakhir diubah: 04 Oct 2023 07:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76071

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir