PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 KALIANDA

Anggun Trishia, Uswatun Hasanah (2023) PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 KALIANDA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2938Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3614Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3614Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran tari muli siger pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kalianda setelah diberhentikan kurang lebih 2 tahun karena dampak dari pandemi covid-19. Sumber data dalam penelitian ini adalah wakil kepala bagian kurikulum, pembina dan guru seni, serta peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari di SMA Negeri 1 Kalianda yang mewakili seluruh subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggambarkan dan merekam peran guru dalam pembelajaran tari muli siger. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode lapangan dan kepustakaan. Metode lapangan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan dipinjam teknik tes untuk menilai hasil pembelajaran tari muli siger dan peran guru. Metode kepustakaan yaitu studi dari sumber seperti buku, jurnal, manuskrip, dan beberapa sumber lainnya yang tertulis. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian tentang peran guru dalam pembelajaran tari muli siger pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kalianda sesuai dengan 6 aspek peran guru yang dijadikan acuan dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis data yang dilakukan aspek peran guru yang terlaksana ada 6 aspek peran guru yaitu sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih dan penilai menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan keenam perannya, namun peran guru sebagai pengarah dalam pemberian motivasi dilaksanakan dengan kurang optimal karena adanya keterbatasan waktu. Proses pembelajaran tari muli siger dijalankan dengan baik, guru memperhatikan pencapaian pembelajaran siswa dalam memahami dan mempraktikkan ragam gerak tari muli siger dengan mengadakan evaluasi di akhir pembelajaran. Kata Kunci: peran guru, pembelajaran, tari muli siger. The purpose of this study to describe the teacher's role in implementing learning muli siger dance in extracurricular activities at SMA Negeri 1 Kalianda after dismissed for about 2 years due to the impact of the covid-19 pandemic. The source of the data comes from the vice principal of curriculum, coach and art teacher, as well as students who take part in extracurricular activities at SMA Negeri 1 Kalianda all of them represent the subject of this research. This study used qualitative research methods. This study describes and records the teacher's role in learning the muli siger dance. The research method used is the field method and literature. Field methods are observation, interviews, documentation, and borrowed test techniques to assess muli siger dance learning outcomes and the role of the teacher. The library method is the study of sources such as books, journals, manuscripts, and several other written sources. Data collection techniques were carried out by means of observation, interviews and documentation. The data obtained were data reduction, data presentation and conclusions. The results of this research have found that the role of the teacher in learning muli siger dance in extracurricular activity are in accordance with the 6 aspects of the teacher's role which are used as a reference in this study of teachers as educators, instructors, mentors, directors, trainers and assessors. Based on data analysis conducted of the teacher's role aspect, there were 6 aspects of the teacher's role, namely as educator, teacher, mentor, director, trainer and assessor, indicating that the teacher has carried out his six roles, but the teacher's role as a guide in providing motivation is carried out less than optimally due to limited time. the teacher explained the material briefly but still paid attention to students' learning achievements in understanding and practicing various muli siger dance movements. By conducting an evaluation at the end of the lesson. Keywords: teacher role, learning, muli siger dance.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2308890617 . Digilib
Date Deposited: 04 Oct 2023 10:47
Terakhir diubah: 04 Oct 2023 10:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76087

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir