KEMAMPUAN JAMUR Metarhizium spp. SEBAGAI ENTOMOPATOGEN LARVA Oryctes rhinoceros L. DAN ANTAGONIS JAMUR Ganoderma boninense SECARA IN VITRO

KETUT, SEPTIA PUTRI (2023) KEMAMPUAN JAMUR Metarhizium spp. SEBAGAI ENTOMOPATOGEN LARVA Oryctes rhinoceros L. DAN ANTAGONIS JAMUR Ganoderma boninense SECARA IN VITRO. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1024Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (823Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Larva Oryctes rhinoceros L. dan penyakit busuk pangkal batang kelapa sawit yang disebabkan oleh jamur Ganoderma boninense merupakan organisme pengganggu tanaman (OPT) penting pada tanaman kelapa sawit. Salah satu cara pengendalian ramah lingkungan adalah menggunakan jamur agensia hayati yang berpotensi dapat mengendalikan kedua OPT seperti jamur Metarhizium spp.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan ketiga isolat Metarhizium spp., kemampuan patogenesitas tiga isolat Metarhizium spp. terhadap O. rhinoceros, dan antagonisnya terhadap G. boninense. Pada penelitian ini terdapat 3 sub percobaan. Pengujian pertama yaitu, uji pertumbuhan dan perkembangan 3 isolat jamur Metarhizium spp. yang terdiri atas uji pertumbuhan koloni, uji sporulasi, dan uji viabilitas spora jamur Metarhizium spp.. Pengujian kedua yaitu uji patogenesitas jamur Metarhizium spp. terhadap larva O. rhinoceros. Pengujian ketiga, yaitu uji antagonis jamur Metarhizium spp. terhadap G. boninense. Dari hasil penelitian terhadap 3 isolat jamur Metarhizium spp. pada uji pertumbuhan, 3 isolat jamur Metarhizium spp. memiliki kemampuan tumbuh yang baik, namun ketiga isolat tersebut memiliki kemampuan tumbuh yang tidak berbeda. Pada uji sporulasi dan viabilitas 3 isolat Metarhizium spp. memiliki kerapatan dan daya perkecambahan spora yang berbeda. Sedangkan pada uji patogenesitas pengamatan 21 hari setelah aplikasi (hsa) jamur Metarhizium isolat MT yang diisolasi dari O. rhinoceros lapang dapat menyebabkan kematian larva O. rhinoceros uji sebesar 88,21 %. Metarhizium isolat MF dpat menyebabkan kematian 36,19 % terhadap larva O. rhinoceros. Pada aplikasi Metarhizum isolat MS dapat menyebabkan kematian larva sebesar 17,02 %. Semua 3 isolat jamur Metarhizium spp. dapat menghambat G. boninense meskipun tingkat penghambatannya terbilang rendah karena tidak berbeda nyata antar perlakuannya. Kata kunci : busuk pangkal batang kelapa sawit, Ganoderma boninense, jamur entomopatogen, Metarhizium spp., Oryctes rhinoceros.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Proteksi Tanaman
Pengguna Deposit: 2308592688 . Digilib
Date Deposited: 05 Oct 2023 08:12
Terakhir diubah: 05 Oct 2023 08:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76123

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir