PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI DASAR DESAIN GRAFIS DAN NIRMANA BAGI SISWA KELAS XI JURUSAN MULTIMEDIA DI SMKN 8 BANDAR LAMPUNG

KELIN CLARANISA, AMANDA (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI DASAR DESAIN GRAFIS DAN NIRMANA BAGI SISWA KELAS XI JURUSAN MULTIMEDIA DI SMKN 8 BANDAR LAMPUNG. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (432Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3335Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2545Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Guru mengemukakan bahwa proses pembelajaran pada mata pembelajaran kurang efektif karena media pembelajaran yang digunakan hanyalah e-book yang di unggah pada google classroom, hal tersebut membuat siswa yang merasa jenuh dan malas saat mengakses e-book, dan bahasa yang sukar dimengerti oleh siswa sehingga hasil belajar tidak maksimal. Sehingga diperlukannya pengembangan video pembelajaran yang dapat memudahkan dan menarik bagi siswa Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan sebuah video pembelajaran yang valid, mudah, dan menarik mengenai Dasar Desain Grafis dan Nirmana, yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas XI di jurusan multimedia SMK Negeri 8 Bandar Lampung. Subjek penelitian ini terdiri dari 30 orang siswa kelas XI di jurusan tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah research and development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan 4D yang meliputi 4 tahapan, define, design, development, disseminate. Penelitian pengembangan ini berhasil menciptakan sebuah produk yang memenuhi standar validitas, kemudahan dan kemenarikan. Video pembelajaran yang telah dikembangkan telah melalui proses validasi dan memenuhi kriteria yang baik serta layak digunakan, dengan rata-rata nilai uji ahli materi sebesar 0,90 dan uji validasi oleh ahli media juga sebesar 0,88, dengan kategori sangat valid. Selain itu, video pembelajaran ini juga meraih hasil yang sangat baik dari uji kemudahan dan kemenarikan kepada siswa, dengan persentase rata-rata sebesar 89%.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: 2308226499 . Digilib
Date Deposited: 05 Oct 2023 09:39
Terakhir diubah: 05 Oct 2023 09:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76131

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir