KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGELOLA MUTU LULUSAN SD DI GUGUS DIPONEGORO

Ika, Lusiani (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGELOLA MUTU LULUSAN SD DI GUGUS DIPONEGORO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola mutu lulusan SD di Gugus Diponegoro, dengan fokus penelitian (1) kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola mutu lulusan dilihat dari sisi perencanaan, (2) kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola mutu lulusan dilihat dari sisi pengorganisasian, (3) kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola mutu lulusan dilihat dari sisi pengarahan, (4) kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola mutu lulusan dilihat dari sisi pengendalian. Metode penelitaian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melaluai wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan di SD Gugus Diponegoro. Teknik analisis data yaitu: pengumpulan data, reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan perencanaan sesuai dengan yang telah direncanakan, (2) kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan pengorganisasian yang meliputi fasilitas yang memadai, pembagian tugas sesuai dengan lisensi dan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan, (3) kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan pengarahan terlihat jelas dari adanya pelatihan yang diikuti pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan profesionalisme dan kreativitas, (4) kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan pengendalian. Kata kunci : kepemimpinan, kepala sekolah, mutu lulusan The purpose of this study was to describe the leadership of school principals in managing the quality of primary school graduates in the Diponegoro Cluster, with a research focus on (1) leadership of school principals in managing the graduated quality from a planning perspective, (2) leadership of principals in managing graduate quality from an organizational perspective, (3) the leadership of principal in managing the graduated quality in terms of direction, (4) the leadership of principal in managing the graduated quality in terms of control. This research method is descriptive qualitative with a case study approach. The Data collection techniques are through interviews, observation, and documentation. The data sources for this research are school principals, educators, and education staff of Elementary Schools in the Diponegoro cluster. The Data analysis use techniques: data collection, reduction, data presentation, and conclusion. The results of this research are (1) the leadership of the principal in planning according to what has been planned, (2) the leadership of the principal in organizing which includes adequate facilities, division of tasks per the licenses and abilities of educators and education staff, (3) the leadership of the principal in carrying out direction is clear from the existence of training attended by educators and education staff in increasing professionalism and creativity, (4) the leadership of the principal in carrying out control. Keywords: leadership, principal, quality of graduate

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308055343 . Digilib
Date Deposited: 05 Oct 2023 09:43
Terakhir diubah: 05 Oct 2023 09:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76138

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir