DINA, YESTILIANA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, DAN INTELLECTUAL (SAVI) DAN MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SD DI KOTA METRO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ASBTRAK.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2104Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (2106Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V karena pendidik belum menggunakan pendekatan yang mendukung keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual (SAVI) dan media realia terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian yaitu non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 43 peserta didik. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan studi dokumen. Data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi ganda dengan menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual (SAVI) dan media realia terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik SD di Kota Metro. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, media realia, Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual (SAVI). The problem in this study is the low critical thinking skills the fifth grade students because educators have not used an approach that supports students' critical thinking skills. This study aims to determine the effect of applying the Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual (SAVI) learning model and media realia on students' critical thinking skills. The method used was quasi-experimental with a non-equivalent control group design. This study used a purposive sampling with a sample of 43 students. The data collection techniques used were tests, observations, and document studies. Data were analyzed using simple regression and multiple regression analysis with the help of IBM SPSS Statistics Version 25. The results of the analysis showed that there was a significant effect of the application of the Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual (SAVI) learning model and media realia on the critical thinking skills of elementary school students in Metro City. Keywords: critical thinking skills, media realia, Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual (SAVI).
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2308146585 . Digilib |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 09:45 |
Terakhir diubah: | 05 Oct 2023 09:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76139 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |