KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR

ANGGI , CAHYANI PUTRI (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3229Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3208Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan perencanaan pembelajaran guru, pelaksanaan pembelajaran guru, dan evaluasi pembelajaran guru di SD Negeri 11 Metro Pusat. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengambilan sumber data dengan cara purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan perencanaan pembelajaran guru sudah baik dengan memberikan arahan, bimbingan, dan pengawasan kepada guru dalam merencanakan pembelajaran. (2) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan pelaksanaan pembelajaran guru sudah baik dengan menyediakan fasilitas penunjang pembelajaran, melakukan pengawasan, dan memberikan umpan balik yang konstruktif kepada guru dalam melaksanakan pembelajaran. (3) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan evaluasi pembelajaran guru sudah baik dengan mendorong guru untuk menggunakan berbagai teknik evaluasi dan memfasilitasi kebutuhan guru dalam evaluasi. Kata kunci: evaluasi pembelajaran, kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran This study aims to describe and explain the leadership of the principal in improving teacher learning planning, implementing teacher learning, and evaluating teacher learning at SD Negeri 11 Metro Pusat. The research method in this study is qualitative with a descriptive type of research. Data collection techniques with interviews, observations, and documentation. Retrieval of data sources by purposive sampling. Data analysis is carried out by data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The validity of the data uses engineering triangulation and source triangulation. The results of this study are (1) The principal's leadership in improving teacher learning planning is good by providing direction, guidance, and supervision to teachers in planning lessons. (2) The principal's leadership in improving the implementation of teacher learning is good by providing learning support facilities, conducting supervision, and providing constructive feedback to teachers in implementing learning. (3) The principal's leadership in improving the evaluation of teacher learning has been good by encouraging teachers to use various evaluation techniques and facilitating teacher needs in evaluation. Keywords: learning evaluation, principal leadership, teacher performance, learning planning, learning implementation

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308201977 . Digilib
Date Deposited: 05 Oct 2023 09:47
Terakhir diubah: 05 Oct 2023 09:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76140

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir