PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK BAWANG MERAH DAN PEMBERIAN IBA TERHADAP PERTUMBUHAN SETEK TANAMAN SIRIH MERAH (Piper crocatum Ruiz and Pav.)

Deta , Ayuning Budi (2023) PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK BAWANG MERAH DAN PEMBERIAN IBA TERHADAP PERTUMBUHAN SETEK TANAMAN SIRIH MERAH (Piper crocatum Ruiz and Pav.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (330Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1045Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (846Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tanaman sirih merah (Piper crocatum Ruiz and Pav.) menjadi salah satu tanaman yang populer di kalangan masyarakat Indonesia, karena memiliki dwifungsi sebagai tanaman hias dilihat dari warna dan corak daun juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Tolak ukur keberhasilan penyetekan adalah tumbuhnya akar yang dapat dipacu dengan penggunaan ZPT auksin baik sintetis maupun alami. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh konsentrasi ekstrak bawang merah pada pertumbuhan setek tanaman sirih merah, 2) Mengetahui perbedaan pengaruh pertumbuhan setek sirih merah yang diberi IBA dan tanpa diberi IBA, 3) Mengetahui pengaruh masing-masing konsentrasi ekstrak bawang merah pada pertumbuhan setek tanaman sirih merah yang diberi IBA. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2022 – Januari 2023 di Rumah Kaca Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dengan dua faktor dan tiga ulangan yang juga berfungsi sebagai kelompok. Faktor pertama adalah ekstrak bawang merah (B) dengan konsentrasi 0 g/l (B0), 200 g/l (B1), dan 400 g/l (B2) dan faktor kedua adalah IBA (I) dengan konsentrasi 0 ppm (I0), dan 1000 ppm (I1). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak bawang merah dan IBA pada semua konsentrasi tidak berpengaruh nyata terhadap seluruh variabel pengamatan pada setek tanaman sirih merah. Akan tetapi, penggunaan ekstrak bawang merah dan pemberian IBA memiliki kecenderungan untuk meningkatkan pertumbuhan setek sirih merah terutama pada pertumbuhan perakaran. Kata kunci :Setek, auksin, ekstrak bawang merah, Indole Butyric Acid, sirih merah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Agronomi
Pengguna Deposit: 2308239219 . Digilib
Date Deposited: 05 Oct 2023 10:20
Terakhir diubah: 05 Oct 2023 10:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76149

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir