PENGGUNAAN DATA TOPOGRAFI UNTUK PERHITUNGAN GALIAN DAN TIMBUNAN PADA PERENCANAAN REAL ESTATE (STUDI KASUS : PERUMAHAN FAMILIA URBAN, PT TIMAH KARYA PERSADA PROPERTI, BEKASI TIMUR)

M. Alvin, Multiyan (2023) PENGGUNAAN DATA TOPOGRAFI UNTUK PERHITUNGAN GALIAN DAN TIMBUNAN PADA PERENCANAAN REAL ESTATE (STUDI KASUS : PERUMAHAN FAMILIA URBAN, PT TIMAH KARYA PERSADA PROPERTI, BEKASI TIMUR). [Diploma/Tugas Akhir]

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
TA_M Alvin Multiyan.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1451Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TA_M Alvin Multiyan Tanpa Pembahasan.pdf

Download (1386Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Bekasi merupakan kota dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi, karena hal itu kebutuhan akan rumah semakin meningkat. PT Timah Karya Persada Properti merupakan salah satu perusahaan yang berupaya dalam membangun perumahan di di daerah Bekasi Timur. Pada awal pembangunan dilakukan pengukuran topografi yang bertujuan untuk mengetahui keadaan permukaan tanah. Untuk melakukan galian dan timbunan data yang diperlukan tidak hanya MC-0 namun harus memiliki rencana sehingga dapat diketahui pada ketinggian tertentu akan dilakukan penggalian atau penimbunan Pengambilan data dilakukan dengan pengukuran topografi sebagai acuan untuk perhitungan volume galian dan timbunan. Hasil perhitungan tersebut berpengaruh terhadap jumlah anggaran yang akan diperoleh, oleh karena itu perhitungan volume galian harus dilakukan seteliti mungkin agar tidak ada pihak yang dirugikan. Perhitungan volume galian tanah menggunakan data situasi MC-0 dan desain rencana di area pembangunan perumahan data tersebut kemudian diolah dan disajikan secara visual. Hasil dari tugas akhir ini didapatkan jumlah volume dari perhitungan MC-0 terhadap data desain dan jumlah volume 24.744 M3. Kata Kunci : Volume, Timbunan Tanah, Mc-0, Desain. Bekasi is a city with a fairly high population density, because of this the need for houses is increasing. PT Timah Karya Persada Properti is one of the companies that strives to build housing in the East Bekasi area. At the beginning Of construction, topographic measurements were taken to determine the state of the land surface. To do excavation and stockpiling, the data needed is not only MC-0 but must have a plan so that it can be known at a certain height that excavation or stockpiling will be carried out. Data collection is carried out with topographic measurements as a reference for calculating the volume of excavation and embankment. The results of these calculations affect the amount of budget to be obtained, therefore the calculation of excavation volume must be done as accurately as possible so that no party is harmed. Calculation of soil excavation volume using MC-0 situation data and design plans in the housing development area, the data is then processed and presented visually. The results of this final project obtained the volume of the MC-0 calculation against the design data and the total volume of 24.744 M³. Keywords: Volume, Landfill, Mc-0, Design.

Jenis Karya Akhir: Diploma/Tugas Akhir
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 602 Aneka ragam tentang teknologi dan ilmu terapan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi D3-Survey Dan Pemetaan
Pengguna Deposit: 2308846672 . Digilib
Date Deposited: 06 Oct 2023 06:17
Terakhir diubah: 06 Oct 2023 06:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76163

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir