PENGARUH PENERAPAN MODEL TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PESERTA DIDIK KELAS V SD

Sarah, Azizah (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PESERTA DIDIK KELAS V SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (216Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar PKN peserta didik kelas V sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar PKN peserta didik dan perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah Quasi Experimental Group Design dengan desain Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V A & B SDIT Baitul Jannah yang berjumlah 48 peserta didik, sampel ditentukan dengan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes. Hasil teknik analisis data menggunakan rumus uji regresi linear sederhana dan uji t yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar PKN Peserta didik dan terdapat perbedaan hasil belajar PKN antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada peserta didik kelas V SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran, talking stick The problem of this study is the low of PKN learning outcomes at fifth grade of elementary school. The objectives of this research were to find out the effect of the application of the Talking Stick learning model on students' PKN learning outcomes and differences in learning outcomes between the experimental class and the control class. This study used Quasi Experimental Group Design with Nonequivalent Control Group Design design. The population and sample of this study are all participants class VA, B, C SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung, with 48 students. the sample was determined by nonprobability sampling techniques. The test and non-test techniques were applied to collect the data. The data were analysed by used a simple linear regression test formula and at test which shows that there is an influence of the application of the Talking Stick learning model on student PKN learning outcomes and there are differences in PKN learning outcomes between the experimental group and the control group in students of fifth grade at SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung Academic Year 2022/2023. Keywords: learning outcomes, learning models, talking stick

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308852327 . Digilib
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:37
Terakhir diubah: 06 Oct 2023 07:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76170

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir