ANALISIS DAN PENERAPAN PROCESS MINING UNTUK MENENTUKAN BOTTLENECK MATA KULIAH DAN PROSES SKRIPSI (STUDI KASUS PROGRAM STUDI S1 ILMU KOMPUTER UNILA)

JONATHAN , MICHAEL (2023) ANALISIS DAN PENERAPAN PROCESS MINING UNTUK MENENTUKAN BOTTLENECK MATA KULIAH DAN PROSES SKRIPSI (STUDI KASUS PROGRAM STUDI S1 ILMU KOMPUTER UNILA). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2607Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (9Mb) | Minta salinan

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas mahasiswa selama masa kuliah mereka dengan tujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang berdampak pada durasi studi mereka. Analisis ini menggunakan data dari log Kartu Rencana Studi (KRS) mahasiswa program Ilmu Komputer di Universitas Lampung. Data ini diperoleh melalui Sistem Informasi Akademik Universitas Lampung (Siakadu UNILA), serta catatan peristiwa yang terkait dengan proses skripsi mahasiswa Ilmu Komputer.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah process mining, dengan fokus pada tahap penemuan proses dan pemeriksaan kesesuaian, terutama dalam mengidentifikasi potensi bottleneck dalam pemilihan mata kuliah dan proses skripsi. Hasil dari penelitian ini mencakup analisis yang komprehensif dan rekomendasi untuk meningkatkan efisien pengambilan mata kuliah dan proses skripsi dalam program Ilmu Komputer di Universitas Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa mata kuliah, seperti operasi riset, memiliki tingkat kelulusan yang tinggi, namun minim diminati oleh mahasiswa. Untuk mengatasi ini, diperlukan strategi optimisasi yang melibatkan langkah-langkah untuk meningkatkan minat mahasiswa terhadap mata kuliah operasi riset atau mata kuliah serupa, dengan tujuan untuk meningkatkan tingkat kelulusan. Meskipun penerapan algoritma mining heuristik pada proses penambangan data Siakadu dan proses skripsi Ilmu Komputer menghasilkan model proses yang sesuai dengan log peristiwa yang ada (fitness), nilai precision dan generalization masih rendah karena variasi data yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan penyesuaian dan modifikasi data log untuk mencapai hasil yang lebih akurat dalam analisis proses tersebut. Kata kunci: Process mining, Bottleneck, Event Log.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer
Pengguna Deposit: 2308025815 . Digilib
Date Deposited: 06 Oct 2023 08:44
Terakhir diubah: 06 Oct 2023 08:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76174

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir