PENINGKATAN SELF DISCLOSURE SISWA MELALUI TEKNIK PERMAINAN DALAM BIMBINGAN KELOMPOK

VIVI , DWI DAMAYANTI (2023) PENINGKATAN SELF DISCLOSURE SISWA MELALUI TEKNIK PERMAINAN DALAM BIMBINGAN KELOMPOK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (3189Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3190Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3189Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah adannya siswa yang memiliki self disclosure yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan self disclosure siswa melalui bimbingan kelompok dengan teknik permainan di MAN 1 Pesawaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Pesawaran berjumlah 9 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain one-group pre-test-posttest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala self-discclosure dan subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa Z hit < Z tab (-2,668 < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat peningkatan self-disclosure dengan menggunakan bimbingan kelompok teknik simulasi permainanan pada siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji wilcoxon. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah self-disclosure dapat ditingkatkan dengan menggunakan bimbingan kelompok teknik permainan pada siswa. Kata kunci: self disclosure, bimbingan kelompok, permainan The problem of this research is that there are students who have low selfdisclosure. This study aims to determine the improvement of student's selfdisclosure through group guidance with game techniques at MAN 1 Pesawaran. The subjects of this study were 11th grade students at MAN 1 Pesawaran, totaling 9 students. The method used in this research is a quasi-experiment with a onegroup pre-test-posttest design. The data collection technique in this study used a self-disclosure scale, and the research subjects were determined using a purposive sampling technique. The results of the analysis show that Z hit < Z tab (-2.668 < 0.05), then Ho is rejected and Ha is accepted, which means there is an increase in self-disclosure using group guidance in students. This is shown by the results of the data analysis using the Wilcoxon test. The conclusion in this study is that self-disclosure can be improved by using group guidance of game technique for students. Keywords: self-disclosure, group guidance, game.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2308778198 . Digilib
Date Deposited: 07 Oct 2023 04:31
Terakhir diubah: 07 Oct 2023 04:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76195

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir