PERKAWINAN EKSOGAMI: Studi Tentang Bentuk Perkawinan dan Perubahan Pola Hak Waris Pusaka Rendah Suku Minangkabau di Rantau Bandar Lampung

FADILLAH, AZHARI PUTRI (2023) PERKAWINAN EKSOGAMI: Studi Tentang Bentuk Perkawinan dan Perubahan Pola Hak Waris Pusaka Rendah Suku Minangkabau di Rantau Bandar Lampung. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1422Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1300Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perkawinan dan perubahan pola hak waris pusaka rendah suku Minangkabau di rantau Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Informan pada penelitian ini adalah masyarakat Minangkabau yang tinggal di Bandar Lampung dan menikah dengan orang yang bukan berasal dari suku Minangkabau berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembagian harta waris untuk anak terhadap harta pusaka rendah dalam pelaksanaan pembagian waris dengan dasar peruntukan atas benda tertentu pada ahli waris tertentu. Peruntukan tersebut tidak berdasarkan atas porsi bagian dalam penetapan hukum waris Islam maupun hukum waris perdata. Selain itu pembagian harta waris atas harta pencaharian juga dipengaruhi perkembangan dari bentuk perkawinan dan kekerabatan yang telah banyak mengalami perkembangan pada masyarakat hukum adat Minangkabau. Pelaksanaan pembagian harta warisan juga dipengaruhi dengan masuknya hukum Islam dalam bentuk pengaruh hidup masyarakat hukum adat Minangkabau. Pengaruh tersebut adalah dalam hal penetapan ahli waris dalam pembagian warisan. Kata kunci: Perkawinan, Kekerabatan, Eksogami, Merantau, Suku Minang, Hak Waris.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2308211863 . Digilib
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:11
Terakhir diubah: 11 Oct 2023 07:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76261

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir