EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTUAN SIMULASI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TRANSLASI DALAM SATU LEVEL REPRESENTASI PADA MATERI TITRASI ASAM BASA

FITRI , PURNAMA SARI (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTUAN SIMULASI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TRANSLASI DALAM SATU LEVEL REPRESENTASI PADA MATERI TITRASI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4023Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3168Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul untuk meningkatkan kemampuan translasi dalam satu level representasi pada materi titrasi asam basa dan mendeskripsikan profil kemampuan translasi dalam satu level representasi siswa setelah diberi perlakuan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian The Matching-Only Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Pengujian hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan Indepedent Samples T-test. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata nilai n-gain siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,71 dengan kriteria “tinggi”, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan translasi dalam satu level representasi siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol. Profil kemampuan translasi dalam satu level siswa setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu kriteria “sangat baik” sebesar 33%, kriteria “baik” sebesar 54%, dan kriteria “cukup” sebesar 13%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul secara signifikansi efektif untuk meningkatkan kemampuan translasi dalam satu level representasi pada materi titrasi asam basa. Kata Kunci: Pembelajaran discovery, simulasi molekul, kemampuan translasi dalam satu level representasi, titrasi asam basa

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308374330 . Digilib
Date Deposited: 11 Oct 2023 08:24
Terakhir diubah: 11 Oct 2023 08:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76270

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir