FITRI , PURNAMA SARI (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTUAN SIMULASI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TRANSLASI DALAM SATU LEVEL REPRESENTASI PADA MATERI TITRASI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4023Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3168Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul untuk meningkatkan kemampuan translasi dalam satu level representasi pada materi titrasi asam basa dan mendeskripsikan profil kemampuan translasi dalam satu level representasi siswa setelah diberi perlakuan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian The Matching-Only Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Pengujian hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan Indepedent Samples T-test. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata nilai n-gain siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,71 dengan kriteria “tinggi”, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan translasi dalam satu level representasi siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol. Profil kemampuan translasi dalam satu level siswa setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu kriteria “sangat baik” sebesar 33%, kriteria “baik” sebesar 54%, dan kriteria “cukup” sebesar 13%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul secara signifikansi efektif untuk meningkatkan kemampuan translasi dalam satu level representasi pada materi titrasi asam basa. Kata Kunci: Pembelajaran discovery, simulasi molekul, kemampuan translasi dalam satu level representasi, titrasi asam basa
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2308374330 . Digilib |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 08:24 |
Terakhir diubah: | 11 Oct 2023 08:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76270 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |