RANCANG BANGUN APLIKASI INDESA MOBILE SURVEY BERBASIS ANDROID

Alun Paranggi, Wicaksono (2023) RANCANG BANGUN APLIKASI INDESA MOBILE SURVEY BERBASIS ANDROID. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE SKRIPISI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (17Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FILE SKRIPISI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (14Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Desa merupakan komponen pemerintahan terkecil di Indonesia. Dengan jumlah desa di Indonesia yang mencapai 83.813 menyebabkan desa menjadi bagian yang vital dari pelaksanaan kegiatan pemerintah Indonesia. Salah satu program dari Kemendes dalam mengoptimalkan pembangunan di tingkat desa adalah program Indeks Desa Membangun (IDM). Tujuan dari adanya program IDM adalah untuk menetapkan status kemajuan dan kemandirian Desa serta menyediakan data dan informasi dasar bagi pembangunan Desa. Saat ini pemutakhiran data IDM hanya dilakukan sekali dalam setahun sehingga dapat menyebabkan beberapa masalah seperti ketidakakuratan data dan tidak adanya evaluasi progres karena kondisi desa yang dapat berubah secara signifikan dalam jangka waktu satu tahun sehingga data yang ada mungkin tidak cukup akurat dan kurang mewakili kondisi aktual di desa. Selain itu juga, dengan hanya melakukan survei IDM satu tahun sekali, maka sulit untuk mengevaluasi progres pembangunan desa secara berkala. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi Indesa Mobile Survey sebagai solusi untuk dapat melakukan pengukuran Indeks Desa Membangun dengan efisien dan efektif serta hasil yang akurat. Pengembangan Aplikasi Indesa Mobile Survey ini menggunakan metode pengembangan Kanban. Pengujian aplikasi dilakukan menggunakan metode Unit Testing dengan Package Flutter Test dan Mockito dengan 5 skenario serta pengujian blackbox dengan 7 skenario. Hasil pengujian didapatkan bahwa keluaran yang dihasilkan telah sesuai dengan keluaran yang diharapkan sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi telah lolos dari pengujian unit dan pengujian blackbox yang telah didefinisikan. Melalui pengujian menggunakan teknik Usability Testing berdasarkan ISO 9421-11 untuk mengukur Efectivity, Eficiency dan Satisfaction, dengan 15 orang responden. Hasil Usability Testing mendapatkan skor yang sangat bagus dengan nilai efectivity yaitu 100% dengan predikat sangat efektif, nilai eficiency yaitu 64.2 detik dengan predikat sangat cepat, dan nilai satisfaction yaitu 77.3 dengan rating bagus dan predikat dapat diterima (acceptable). Kata kunci: Desa, IDM, Android, Kanban, Usability Testing

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Informatika
Pengguna Deposit: 2308858857 . Digilib
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:57
Terakhir diubah: 12 Oct 2023 03:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76294

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir