KARAKTERISASI RESERVOAR KARBONAT MENGGUNAKAN INVERSI ACOUSTIC IMPEDANCE (AI), ATRIBUT SEISMIK ENVELOPE DAN ROOT MEAN SQUARE (RMS) STUDI KASUS: FORMASI TELISA LAPANGAN “FAP” CEKUNGAN SUMATERA TENGAH

Fachri Aldi, Pramudya (2023) KARAKTERISASI RESERVOAR KARBONAT MENGGUNAKAN INVERSI ACOUSTIC IMPEDANCE (AI), ATRIBUT SEISMIK ENVELOPE DAN ROOT MEAN SQUARE (RMS) STUDI KASUS: FORMASI TELISA LAPANGAN “FAP” CEKUNGAN SUMATERA TENGAH. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (183Kb) | Preview
[img] File PDF
SkripsiFull.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan.pdf

Download (2757Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Cekungan Sumatera Tengah merupakan salah satu cekungan sedimen yang memiliki potensi minyak dan gas bumi yang besar. Salah satu upaya yang dilakukan dalam memanfaatkan potensi tersebut dengan melakukan eksplorasi geofisika dengan metode seismik. Metode seismik merupakan metode paling unggul untuk memberi gambaran kondisi bawah permukaan bumi secara jelas dan baik seperti struktur pelapisan, struktur geologi, indikator hidrokarbon, serta sifat fisis reservoar. Pada penelitian ini menggunakan beberapa metode, yaitu metode inversi seismik dan metode atribut seismik. Atribut seismik yang digunakan adalah atribut Root Mean Square (RMS) dan Envelope. Sedangkan inversi seismik yang digunakan adalah inversi impedansi akustik (AI). Atribut RMS dan Envelope berfungsi untuk membantu dalam pemetaan amplitudo maksimum gelombang seismik yang mencerminkan perbedaan kepadatan atau litologi di bawah permukaan serta menunjukkan adanya zona dengan potensi reservoar. Inversi impedansi akustik berfungsi untuk memetakan nilai impedansi akustik suatu lapisan dimana ini efektif sebagai indikator perbedaan litologi, porositas, dan karakterisasi reservoar secara kuantitatif. Atribut Root Mean Square (RMS) dan Envelope memperlihatkan zona brightspot pada Top Formasi Telisa Lapangan “FAP” serta data logs memperlihatkan adanya keberadaan hidrokarbon pada Formasi Telisa. Sebaran nilai impedansi akustik reservoar karbonat pada daerah penelitian berada pada rentang 15000 ((Ft/s)*(g/cc)) hingga 30000 ((Ft/s)*(g/cc)). Porositas reservoar karbonat di lapangan “FAP” berada pada rentang nilai 0.18 – 0.3 (V/V) dan densitas nya berada pada rentang nilai 2.2 – 2.4 (g/c3).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 550 Ilmu bumi dan geologi
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 2308516040 . Digilib
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:11
Terakhir diubah: 12 Oct 2023 04:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76296

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir