PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV

HANNA , WAHYU ARUMING TYAS (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2702Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3217Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3202Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Merdeka peserta didik kelas IV SDIT Al Muhsin Metro. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan media audiovisual. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan non-equivalent control grup design. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah 50 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan menggunakan soal tes multiple choice. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan media audiovisual berupa peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik pada kelas eksperimen setelah mendapat perlakuan dengan menggunakan media audio visual. Hal ini ditunjukkan dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus excel diperoleh data nilai signifikan < ttabel (dengan taraf signifikansi 5%, α = 0,05). Kata kunci: bahasa indonesia, hasil belajar, kurikulum merdeka, media audiovisual, media pembelajaran The problem in this study is the low learning outcomes of Indonesian language in the Merdeka Curriculum for fourth grade students of SDIT Al Muhsin Metro. The purpose of this study is to determine the significant effect on the application of audiovisual media. This type of research is experimental research. The research design used is non-equivalent control group design. This study used a saturated sample technique with a total of 50 students. The instrument used multiple choice test questions. The results showed that there was a significant effect on the application of audiovisual media in the form of an increase in students' Indonesian learning outcomes in the experimental class after receiving treatment using audiovisual media. This was indicated by hypothesis testing using the excel formula obtained data significant value < ttable (with a significance level of 5%, α = 0.05). Keywords: indonesian language, learning outcomes, independent curriculum, audiovisual media, learning media

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308597945 . Digilib
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:47
Terakhir diubah: 12 Oct 2023 04:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76311

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir