Sekartaji Krisna, Nyimas (2023) PEMBELAJARAN TARI BEDANA MENGGUNAKAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK SISWA DI SMP NEGERI 1 METRO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (490Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2893Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (2884Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran gerak tari menggunakan metode latihan (drill method) untuk meningkatkan keterampilan gerak siswa di SMP Negeri 1 Metro. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes kemampuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran menggunakan metode latihan (drill) terdiri dari 3 (tiga) tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan penutup. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran gerak tari menggunakan metode latihan (drill metodh) di SMP Negeri 1 Metro sudah berjalan dengan baik. Hal ini dilihat dari rata-rata nilai siswa pada hasil penilaian tahap pelaksanaan meningkat menjadi 81,45. Rincian tersebut diperoleh dari jumlah keseluruhan siswa yakni 20 siswa. Selain itu, dapat diketahui bahwa selama pembelajaran terdapat 70% siswa dengan rincian sembilan siswa (45%) yang mencapai kategori sangat baik dengan rentang nilai 86-100. Sebanyak lima siswa atau sebesar 25% berada pada kategori baik dengan pencapaian nilai dari 71-85. Sebanyak enam siswa atau sebesar 30% berada pada kategori cukup dengan rentang nilai 56-70. Siswa yang berada pada kategori kurang dengan rentang nilai ≤55 tidak ada. Kata kunci: metode drill, pembelajaran, tari bedana. ABSTRACT Purpose of this research is to describe the process and results of student learning in dance learning using the exercise method (drill method) to improve students' movement skills at SMP Negeri 1 Metro. This research method uses qualitative methods. Collection techniques are carried out by observation, interviews, documentation, and ability tests. Data analysis techniques in this study are data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study show that the learning process uses the exercise method (drill) consists of 3 (three) stages, namely the preparation stage, the implementation stage and the closing stage. Student learning outcomes in learning dance movements using the exercise method (drill method) at SMP Negeri 1 Metro has been going well. This can be seen from the average student score in the results of the implementation stage assessment which increased to 81.45. These details were obtained from the total number of students, namely 20 students. In addition, it can be seen that during the action there were 70% of students with details of nine students or 45% who reached the very good category with a score range of 86100. Five students or 25% are in the good category with scores ranging from 7185. As many as six students or 30% are in the sufficient category with a score range of 56-70. Students who are in the fewer categories with a range of values ≤55 do not exist. Keywords: bedana dance, drill method, learning.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | 2308202991 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 07:35 |
Terakhir diubah: | 12 Oct 2023 07:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76329 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |