PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR DALAM PEMBELAJARAN TARI BEDANA PADA SISWA KELAS IX.A DI SMP NEGERI 3 JATI AGUNG

RARA , ALIFIA PUTRI (2023) PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR DALAM PEMBELAJARAN TARI BEDANA PADA SISWA KELAS IX.A DI SMP NEGERI 3 JATI AGUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ASBTRAK.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1724Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1209Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pencapaian kompetensi dasar dalam pembelajaran Tari Bedana pada siswa kelas IX.A di SMP Negeri 3 Jati Agung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan penjabaran secara deskriptif melalui observasi, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes kemampuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan observasi, panduan wawancara, panduan dokumentasi, dan panduan non tes. Hasil penelitian menunjukkan pencapaian kompetensi dasar dalam pembelajaran seni tari pada siswa kelas IX.A di SMP Negeri 3 Jati Agung adalah pada pertemuan pertama menggunakan KD 3.3 dikategorikan belum tercapai dan KD 4.3 dikategorikan tercapai. Pada pertemuan kedua menggunakan KD 4.3 dengan kategori tercapai. Pada pertemuan ketiga menggunakan KD 4.4 yaitu aspek keterampilan dengan kategori tercapai dikarenakan 4 kelompok sudah mencapai KKM. Pada pertemuan keempat menggunakan KD 3.4 yaitu aspek pengetahuan dengan mendapatkan hasil tercapai dikarenakan sudah mencapai KKM semua walaupun diadakannya perbaikan nilai. Sebelum diadakannya perbaikan terdapat 9 siswa yang belum mencapai KKM setelah diadakan perbaikan seluruh siswa sudah mencapai KKM. Kata kunci: kompetensi dasar, pembelajaran, tari. The aim of this research is to describe the achievement of basic competencies in learning Bedana Dance for class IX.A students at SMP Negeri 3 Jati Agung. The research method used in this research is a qualitative method with descriptive explanation through observation, data analysis and drawing conclusions. Data collection techniques in this research are observation, interviews, documentation, and ability tests. The data analysis techniques in this research are data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research instruments used were observation guides, interview guides, documentation guides, and non-test guides. The results of the research showed that the achievement of basic competencies in learning dance for class IX.A students at SMP Negeri 3 Jati Agung was categorized as not having been achieved at the first meeting using KD 3.3 and KD 4.3 was categorized as achieved. At the second meeting, KD 4.3 was used in the achieved category. At the third meeting, KD 4.4 was used, namely the skills aspect with the achieved category because 4 groups had reached the KKM. At the fourth meeting, KD 3.4 was used, namely the knowledge aspect by getting results achieved because they had achieved all the KKM even though there was an improvement in scores. Before the repairs were held there were 9 students who had not reached the KKM. After the repairs were carried out, all students had reached the KKM. Keywords: basic competency, learning, dance.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2308031746 . Digilib
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:27
Terakhir diubah: 12 Oct 2023 07:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76330

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir