PERBANDINGAN SUPLEMENTASI JENIS MINERAL ORGANIK DALAM RANSUM TERHADAP JUMLAH ERITROSIT, HEMATOKRIT DAN GLUKOSA DARAH PADA KAMBING RAMBON

Adellia, Beninda (2023) PERBANDINGAN SUPLEMENTASI JENIS MINERAL ORGANIK DALAM RANSUM TERHADAP JUMLAH ERITROSIT, HEMATOKRIT DAN GLUKOSA DARAH PADA KAMBING RAMBON. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1939Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1519Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui perbandingan dan perlakuan terbaik mineral organik dengan mineral sabun dalam ransum terhadap jumlah eritrosit, hematokrit dan glukosa darah pada kambing rambon. Penellitian ini dilaksanakan pada Februari-April 2023 dan berlokasi di Kandang Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Percobaan dilakukan pada 12 ekor kambing rambon jantan, dengan Rancangaan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 3 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan pada penelitian ini yaitu: P1 : ransum basal (onggok, silase daun singkong, bungkil sawit, dan dedak ), P2 : ransum basal + mineral organik (Ca dan Mg), dan P3 : ransum basal + mineral sabun (Ca dan Mg). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Analisi Sidik Ragam (ANOVA). Peubah yang diamati adalah eritrosit, hematokrit dan glukosa darah. Berdasarkan penelitiain yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa perlakuan pemberian mineral organik (Ca dan Mg) dan mineral sabun (Ca dan Mg) tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap jumlah eritrosit, hemtokrit, dan glukosa darah pada kambing rambon. Kata Kunci: Eritrosit, Hematokrit, Glukosa Darah, Rambon, Mineral Organik, Mineral Sabun. This study aims to determine the best comparison and treatment of organik minerals with soap minerals in rations on the number of erythrocytes, hematocrit and blood glucose in rambon goats. This research was conducted in February- April 2023 and is located in the Animal Husbandry Department, Faculty of Agriculture, University of Lampung. The experiment was carried out on 12 male rambon goats, using a randomized block design (RAK) consisting of 3 treatments and 4 replications. Treatments in this study were: P1: basal ration (cassava, cassava leaf silage, palm oil cake, and bran), P2: basal ration + organik minerals (Cad and Mg), and P3: basal ration + soap minerals (Ca and Mg). The data obtained were analyzed using analysis of varience (ANOVA). The observed variables were erythrocytes, hematocrit and blood glucose. Based on the research that has been done, it can be concluded that the treatment of giving organik minerals (Ca and Mg) and mineral soap (Ca and Mg) did not significantly affect the number of erythrocytes, hematocrit and blood glucose in rambon goats. Keywords: Erythrocytes, Hematocrit, Blood Glucose, Rambon, Organik Minerals, Soap Minerals.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Peternakan
Pengguna Deposit: 2308049835 . Digilib
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:42
Terakhir diubah: 12 Oct 2023 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76331

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir