STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTOS DAN VEGETASI MANGROVE DI KAWASAN EKOSISTEM MANGROVE DESA MARGASARI, KABUPATEN LAMPUNG TIMUR DAN PETENGORAN, KABUPATEN PESAWARAN, LAMPUNG.

Indah , Falupi Idelia (2023) STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTOS DAN VEGETASI MANGROVE DI KAWASAN EKOSISTEM MANGROVE DESA MARGASARI, KABUPATEN LAMPUNG TIMUR DAN PETENGORAN, KABUPATEN PESAWARAN, LAMPUNG. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2127Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2015Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Mangrove merupakan tanaman yang hidup di antara laut dan daratan yang dipengaruhi oleh pasang-surut. Salah satu kelompok biota yang berasosiasi di ekosistem mangrove adalah makrozoobentos. Makrozoobentos merupakan biota yang memanfaatkan fungsi hutan mangrove. Penelitian bertujuan membandingkan struktur komunitas mangrove, makrozoobentos, dan menganalisis karakteristik mangrove di Desa Margasari dan Petengoran. Struktur komunitas makrozoobentos dan vegetasi mangrove di analisis menggunakan metode indeks Shannon-Wienner yang meliputi data indeks kelimpahan, indeks keanekaragaman, indeks keseragaman, dan indeks dominansi makrozoobentos. Analisis data menggunakan metode PCA. Lokasi Petengoran didominasi oleh jenis mangrove Rhizopora appiculata, sedangkan lokasi Margasari didominasi oleh jenis mangrove Avicennia marina. Struktur komunitas makrozoobentos di mangrove Petengoran dan mangrove Desa Margasari menunjukkan tingkat dominasi yang tinggi. Karakteristik stasiun 1 Petengoran dan stasiun 2 Margasari dicirikan oleh kepadatan biota dan suhu yang cukup tinggi dan memiliki korelasi yang negatif. Stasiun 3 Margasari memiliki karakteristik kerapatan mangrove dan pH yang tinggi dan memiliki korelasi positif. Stasiun 2 Petengoran dan stasiun 1 Margasari memiliki karakteristik wilayah yang dicirikan dari salinitas dan DO yang tinggi serta memiliki korelasi yang positif, sedangkan untuk stasiun 3 Petengoran tidak dicirikan oleh kondisi apapun. Kata Kunci: Mangrove, makrozoobentos, PCA, kualitas perairan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Kelautan
Pengguna Deposit: 2308516410 . Digilib
Date Deposited: 13 Oct 2023 04:13
Terakhir diubah: 13 Oct 2023 04:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76350

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir