ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN

JULIO, ARAS (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2271Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2047Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir sistem peserta didik pada materi pokok Sistem Pencernaan. Subjek penelitian ini adalah 60 peserta didik SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023 yang dipilih dari populasi sebanyak 275 peserta didik dengan teknik cluster sampling. Penelitian ini menggunakan desain ex post facto. Data kemampuan berpikir sistem diperoleh melalui tes uraian yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir sistem peserta didik berada pada kategori cukup pada 60% peserta didik dan kategori kurang pada 40% peserta didik. Kemampuan berpikir sistem tertinggi berada pada indikator kemampuan menelaah karakter elemen dengan rata-rata nilai 34,25 pada kategori cukup, sementara kemampuan berpikir sistem terendah berada pada indikator mengorelasikan interkoneksi dengan rata-rata nilai 16,11 pada kategori kurang. Berdasarkan hasil perhitungan data dapat disimpulkan bahwa secara umum kemampuan berpikir sistem peserta didik berada pada kategori cukup. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Sistem, Sistem Pencernaan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308372381 . Digilib
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:22
Terakhir diubah: 13 Oct 2023 06:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76362

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir