PERILAKU JERAPAN AMONIUM DAN NITROGEN TERPANEN PADA PERTANAMAN KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) AKIBAT PERLAKUAN OLAH TANAH DAN PEMUPUKAN DI TANAH ULTISOL GEDUNG MENENG PADA MUSIM TANAM KE-DELAPAN

DINDA , ADELIA PRAMESTI (2023) PERILAKU JERAPAN AMONIUM DAN NITROGEN TERPANEN PADA PERTANAMAN KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) AKIBAT PERLAKUAN OLAH TANAH DAN PEMUPUKAN DI TANAH ULTISOL GEDUNG MENENG PADA MUSIM TANAM KE-DELAPAN. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (167Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1987Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1877Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Ketersediaan Nitrogen di dalam tanah masam didominasi dalam bentuk amonium (NH4+) dibandingkan dengan dalam bentuk nitrat (NO3-) sehingga perlu memperbaiki daya sangga NH4+. Daya sangga amonium dapat ditingkatkan dengan teknologi pengelolaan pupuk baik secara anorganik maupun organik, serta manajemen pengolahan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari: (1) pengaruh olah tanah dan pemupukan terhadap N terpanen tanaman kacang hijau, (2) pengaruh olah tanah dan pemupukan terhadap parameter kuantitas dan intensitas (Q/I) Amonium (CRNH40, PBCNH40, ∆NH0, KG) di dalam tanah, (3) korelasi antara parameter Q/I dengan N terpanen tanaman kacang hijau akibat olah tanah dan pemupukan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari dua faktor perlakuan. Faktor pertama yaitu sistem olah tanah (T) yang terdiri dari olah tanah minimum (T0) dan olah tanah intensif (T1). Faktor kedua adalah pemupukan (P) yang terdiri dari tanpa pemupukan (P0) dan aplikasi pupuk (P1). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pemberian pupuk NPK 200 kg ha-1 dan pupuk kandang 1000 kg ha-1 yang dikombinasikan dengan olah tanah intensif dapat meningkatkan N terangkut tanaman kacang hijau, (2) perlakuan olah tanah minimum dan pemupukan (NPK 200 kg ha-1 dan pupuk kandang 1000 kg ha-1) meningkatkan parameter Q/I (PBCNH4+, ΔNH40, CRNH40, dan KG), (3) parameter Q/I (CRNH40 dan ΔNH40) nyata berkorelasi positif terhadap N terangkut tanaman sebelum tanam dan sesudah panen pada tanaman kacang hijau dan PBCNH4+ serta KG nyata berkorelasi negatif terhadap N terangkut sesudah panen pada tanaman kacang hijau Kata kunci: Kacang hijau, Olah tanah minimum, Olah tanah intensif, Pupuk NPK, Q/I Amonium.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Tanah
Pengguna Deposit: 2308294208 . Digilib
Date Deposited: 13 Oct 2023 08:16
Terakhir diubah: 13 Oct 2023 08:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76382

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir