, ROSIDAH YULIANTI (2011) PENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERPASANGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (200Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (196Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (463Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (96Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (189Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah minat dan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Sukabumi Bandar Lampung pada pelajaran IPS rendah, tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Sedangkan rumusan permasalahannya adalah apakah minat dan hasil belajar IPS dapat ditingkatkan melalui pendekatan pembelajaran berpasangan pada siswa kelas V SDN 2 Sukabumi Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar IPS melalui pendekatan pembelajaran berpasangan pada siswa kelas V SDN 2 Sukabumi Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus; yang masing-masing siklus terdiri dari tahap-tahap; perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode ynag digunakan bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sasaran penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Sukabumi Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 18 orang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan minat dan hasil belajar IPS siswa melalui pendekatan pembelajaran berpasangan pada siswa kelas V SDN 2 Sukabumi Bandar Lampung yang ditunjukan data dari siklus I diperoleh hasil sebagai berikut; siswa yang belum tuntas 3 orang (16,7%), dan 15 orang siswa (83,3%) yang telah mencapai ketuntasan belajar. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan hasil belajar 2,78 atau (5,56%) dari 18 orang siswa, pada tes akhir terdapat siswa yang belum tuntas 2 orang (11,11%), dan 16 orang siswa (88,89%) yang telah mencapai ketuntasan belajar. Dari siklus II ke siklus III terjadi peningkatan hasil belajar 12,5 (11,11%) rata-rata hasil belajar siswa 83,33 dari 18 orang siswa, pada tes akhir terdapat 19 orang siswa (100%) yang telah mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan pendekatan pembelajaran berpasangan meningkatkan minat dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Sukabumi Bandar Lampung
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 28 Jan 2014 03:51 |
Terakhir diubah: | 28 Jan 2014 03:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/764 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |