PENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERPASANGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

, ROSIDAH YULIANTI (2011) PENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERPASANGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (158Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (200Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (196Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (463Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (96Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (189Kb)

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah minat dan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Sukabumi Bandar Lampung pada pelajaran IPS rendah, tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Sedangkan rumusan permasalahannya adalah apakah minat dan hasil belajar IPS dapat ditingkatkan melalui pendekatan pembelajaran berpasangan pada siswa kelas V SDN 2 Sukabumi Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar IPS melalui pendekatan pembelajaran berpasangan pada siswa kelas V SDN 2 Sukabumi Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus; yang masing-masing siklus terdiri dari tahap-tahap; perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode ynag digunakan bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sasaran penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Sukabumi Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 18 orang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan minat dan hasil belajar IPS siswa melalui pendekatan pembelajaran berpasangan pada siswa kelas V SDN 2 Sukabumi Bandar Lampung yang ditunjukan data dari siklus I diperoleh hasil sebagai berikut; siswa yang belum tuntas 3 orang (16,7%), dan 15 orang siswa (83,3%) yang telah mencapai ketuntasan belajar. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan hasil belajar 2,78 atau (5,56%) dari 18 orang siswa, pada tes akhir terdapat siswa yang belum tuntas 2 orang (11,11%), dan 16 orang siswa (88,89%) yang telah mencapai ketuntasan belajar. Dari siklus II ke siklus III terjadi peningkatan hasil belajar 12,5 (11,11%) rata-rata hasil belajar siswa 83,33 dari 18 orang siswa, pada tes akhir terdapat 19 orang siswa (100%) yang telah mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan pendekatan pembelajaran berpasangan meningkatkan minat dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Sukabumi Bandar Lampung

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 28 Jan 2014 03:51
Last Modified: 28 Jan 2014 03:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/764

Actions (login required)

View Item View Item