PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI E-COMMERCE ZUPPLY MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

RIDHA, AISYIYAH RYANDANI (2023) PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI E-COMMERCE ZUPPLY MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (926Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pangan merupakan kebutuhan primer manusia. Ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi pangan yang memadai, aman, dan bermutu merupakan tujuan utama dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat secara merata di Indonesia. Namun, dampak dari pandemi COVID-19 yang melanda berdampak dalam perekonomian dan sektor pangan di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan upaya pemulihan ekonomi untuk menekan angka pengangguran dan kemiskinan. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah pemanfaatan teknologi melalui ecommerce. Maka dari itu dibangunlah aplikasi E-Commerce Zupply yang menjadi penghubung para petani dan supplier kepada customer yang berkecimpung dalam bisnis F&B. Untuk menciptakan aplikasi yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna, dilakukan pengujian, evaluasi, dan survei kepuasan pengguna dengan Usability Testing, Heuristic Evaluation, dan kuesioner PSSUQ (Post-Study System Usability Quistionnaire). Hasil pengujian desain menggunakan usability testing dilakukan sebanyak 3x dan memperoleh nilai akhir efektivitas 21,26 detik dan nilai efisiensi sebesar 47%. Hasil dari heuristic evaluation yang dilakukan oleh 5 exper evaluator berhasil menemukan 17 permasalahan usability dimana prinsip yang paling banyak ditemukan permasalahan yaitu H1 (Visibility of System Status) dengan persentase 25% dan skor severity rating tertinggi terletak pada H6 (Error Prevention, Recognition, Diagnosis, and Recovery) dengan SR 2,75. Serta skor kuesioner PSSUQ dengan skor overall rata-rata 1,93 yang berarti level usability termasuk dalam kategori sangat baik. Kata kunci: Zupply, E-Commerce, Design Thinking, Heuristic Evaluation, PSSUQ

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Informatika
Pengguna Deposit: 2308699283 . Digilib
Date Deposited: 14 Oct 2023 01:58
Terakhir diubah: 14 Oct 2023 01:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76408

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir