DINAMIKA KELOMPOK PADA KELOMPOK WANITA TANI DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 MELALUI KEGIATAN BUDIDAYA JAMUR (Studi pada Kelompok Wanita Tani (KWT) An-Nafii’ Desa Saptomulyo Kecamatan Kota Gajah Lampung Tengah)

ELDA, ZULVITASARI (2023) DINAMIKA KELOMPOK PADA KELOMPOK WANITA TANI DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 MELALUI KEGIATAN BUDIDAYA JAMUR (Studi pada Kelompok Wanita Tani (KWT) An-Nafii’ Desa Saptomulyo Kecamatan Kota Gajah Lampung Tengah). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2568Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3046Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3161Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Dinamika diartikan sebagai suatu gerak atau kekuatan yang berpengaruh terhadap tingkah laku anggota kelompok dalam mencapai tujuan bersama. Kelompok Wanita Tani (KWT) An-Nafii’ dibentuk sebagai upaya untuk bisa meningkatkan pendapatan para anggotanya melalui budidaya jamur ditengah kondisi pandemi Covid-19. Permasalahan yang ada berupa sebagian anggota yang kurang berperan aktif yang disebabkan oleh beberapa faktor yang terjadi didalam proses membudidayakan jamur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dinamika yang ada pada serta faktor pendorong dan penghambat KWT An-Nafii’ Desa Saptomulyo dalam menjalankan kegiatan budidaya jamur di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dinamika KWT An-Nafii’diperoleh hasil cukup dinamis. Unsur dinamika KWT An-Nafii’ yaitu anggota mengetahui tujuan kelompok, dan berpartisipasi dalam memberikan saran atau masukan kepada kelompok. Peran fungsional anggota kelompok sudah cukup jelas dalam pembagian tugas dan kepuasan terhadap pembagian tugas. Sementara pembinaan dan pengembangan KWT An-Nafii’ kurang cukup berpartisipasi dalam pelatihan atau kegiatan dan kelompok, kurangnya sarana-prasarana dan ketaatan terhadap peraturan kelompok. Faktor penghambat sebagian anggota kelompok masih belum memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik dalam bidang budidaya jamur akibat kurangnya minat anggota dalam ikut serta pelatihan budidaya jamur. Sedangkan faktor pendukung adanya kesamaan tujuan dalam upaya mensejahterakan dan membantu mengatasi permasalahan ekonomi. Untuk itu diperlukan upaya pembenahan dalam KWT An-Nafii’ khususnya menetapkan rencana kegiatan pelatihan, agar kelompok berfungsi sebagaimana mestinya melalui pendampingan. Kata Kunci: KWT An-Nafii’, Unsur-Unsur Dinamika Kelompok, Budidaya Jamur.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 351 Administrasi publik
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 2308869710 . Digilib
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:01
Terakhir diubah: 16 Oct 2023 03:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76459

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir