PERTUMBUHAN, PRODUKTIVITAS DAN MUTU BENIH DARI TANAMAN BUNCIS (Phaseolus vulgaris L.) MONOKULTUR DAN TUMPANGSARI DENGAN SORGUM (Sorghum bicolor [L.] Moench.)

Lusiana , Hartini (2023) PERTUMBUHAN, PRODUKTIVITAS DAN MUTU BENIH DARI TANAMAN BUNCIS (Phaseolus vulgaris L.) MONOKULTUR DAN TUMPANGSARI DENGAN SORGUM (Sorghum bicolor [L.] Moench.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1208Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1096Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Minat konsumen terhadap sayuran buncis (Phaseolus vulgaris L.) terus meningkat, buncis telah dibudidayakan di dataran tinggi guna memenuhi kebutuhan konsumen sehingga dilakukan pertanaman tumpangsari dengan tanaman sorgum agar keduanya memiliki fungsi ganda yaitu tanaman buncis sebagai pangan dan tanaman sorgum sebagai pakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan tanaman, produktivitas dan mutu benih dari pertanaman monokultur dan tumpangsari dengan sorgum, serta mengetahui nilai nisbah kesetaraan lahan (NKL) tanaman buncis yang ditanam dari pertanaman monokultur dan pertanaman tumpangsari dengan sorgum. Penelitian ini dilaksanakan di Unit Produksi Benih Sayuran, Desa Sekincau, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung pada bulan Mei–September 2021. Penelitian ini menggunakan perlakuan faktor tunggal dalam rancangan acak kelompok dengan enam kelompok sebagai ulangan. Perlakuan tunggal berupa sistem pertanaman yang terdiri dari 5 taraf yaitu monokultur buncis tegak, monokultur buncis rambat, tumpangsari buncis tegak dengan sorgum, tumpangsari buncis rambat dengan sorgum dan monokultur sorgum. Pengamatan dilakukan terhadap komponen pertumbuhan tanaman, produktivitas dan mutu benih buncis serta nisbah kesetaraan lahan (NKL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan buncis tegak Balitsa-2 maupun rambat Horti-3 pada pertanaman tumpangsari dengan sorgum tidak berbeda dengan pertumbuhan pada pertanaman monokultur. Pertumbuhan buncis rambat tumpangsari dengan sorgum mengalami etiolasi. Produktivitas benih buncis tegak Balitsa-2 pada pertanaman tumpangsari dengan sorgum lebih tinggi sedangkan buncis rambat Horti-3 pada pertanaman tumpangsari dengan sorgum lebih rendah daripada pertanaman monokultur. Hasil benih tumpangsari dari kedua jenis buncis tidak berbeda mutunya dengan pertanaman monokultur. Nilai kesetaraan lahan (NKL) tumpangsari buncis Balitsa-2 dengan sorgum menghasilkan nilai lebih dari satu yaitu 1,67, sementara tumpangsari buncis Horti-3 dengan sorgum menghasilkan nilai kurang dari satu yaitu 0,85. Kata Kunci: Pertumbuhan, Produktivitas, Benih, Buncis, Sorgum, Tumpangsari

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Agronomi
Pengguna Deposit: 2308403410 . Digilib
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:37
Terakhir diubah: 16 Oct 2023 06:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76490

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir