Tina , Wulandari (2023) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM EVALUASI SUMATIF PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 1 BUAY MADANG KECAMATAN BUAY MADANG KABUPATEN OKU TIMUR TAHUN AJARAN 2022/2023. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (14Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (14Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kompetensi guru merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai dan diwujudkan oleh guru dalam melaksanakan tugas profesionalnya. Kemampuan guru dalam melakukan evaluasi merupakan kompetensi guru yang sangat penting. Evaluasi dipandang sebagai masukan yang diperoleh dari proses pembelajaran yang dapat dipertangung jawabkan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan berbagai komponen yang terdapat dalam suatu proses belajar mengajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Evaluasi Sumatif Pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Buay Madang Tahun Ajaran 2022/2023? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam evaluasi sumatif pada pembelajaran sejarah di SMAN 1 Buay Madang Tahun Ajaran 2022/202. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran sejarah di SMAN 1 Buay Madang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam evaluasi sumatif pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Buay Madang Tahun Ajaran 2022/2023, pada aspek perencanaan evaluasi mendapatkan skor 13 dengan kriteria Sangat baik, pada pelaksanaan dan pengolahan data evaluasi mendapatkan skor 12 dan pada aspek pelaporan dan pemanfaatan hasil evaluasi memperoleh skor 14. Dengan demikian secara keseluruhan kompetensi pedagogik guru dalam evaluasi sumatif di SMA Negeri 1 Buay Madang mendapatkan skor rata-rata 13 berada pada kategori sangat baik. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Evaluasi, Pembelajaran Sejarah abstract Teacher competency is a set of knowledge, skills and behavior that must be possessed, internalized, mastered and realized by teachers in carrying out their professional duties. The teacher's ability to carry out evaluations is a very important teacher competency. Evaluation is seen as input obtained from the learning process that can be accounted for to determine the strengths and weaknesses of various components contained in a teaching and learning process. The problem in this research is: What is the Teacher's Pedagogical Competence in the Evaluation of Summative Tests in History Learning at SMA Negeri 1 Buay Madang for the 2022/2023 Academic Year? The aim of this research is to determine teachers' pedagogical competence in evaluating summative tests on history learning at SMAN 1 Buay Madang for the 2022/202 academic year. This type of research is qualitative descriptive research which aims to describe teachers' pedagogical competencies in implementing history learning evaluation at SMAN 1 Buay Madang. The data collection process was carried out by observation, interviews and documentation. The results of the research show that the teacher's pedagogical competence in evaluating summative tests on history learning at SMA Negeri 1 Buay Madang for the 2022/2023 academic year, in the evaluation planning aspect, received a score of 13 with Very Good criteria, in the implementation and processing of evaluation data, it received a score of 12 and in the aspect of reporting and utilization of evaluation results received a score of 14. Thus, overall teacher pedagogical competence in summative evaluation at SMA Negeri 1 Buay Madang received an average score of 13 in the very good category. Keywords: Pedagogic Competence, Evaluation, Learning History
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 900 Sejarah dan Geografi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 2308139429 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 07:05 |
Terakhir diubah: | 17 Oct 2023 07:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76522 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |