KEPEMIMPINAN MELAYANI, MENTRANSFORMASI, DAN MEMBERDAYAKAN DALAM PENANGANAN KONFLIK UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU

Rias , Tusianah (2023) KEPEMIMPINAN MELAYANI, MENTRANSFORMASI, DAN MEMBERDAYAKAN DALAM PENANGANAN KONFLIK UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU. [Disertasi]

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img] File PDF
DISERTASI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
DISERTASI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh kepemimpinan melayani, mentransformasi, dan memberdayakan, terhadap penanganan konflik dan dampaknya pada produktivitas kerja guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan SEM untuk menguji pengaruh langsung, pengaruh tidak langsung dan pengaruh simultan. Survai kuantitatif digunakan dengan kepala sekolah sebagai unit analisis dan guru di SMA Negeri sebagai responden sebanyak 300 guru dari 10.999 populasi dari 15 kabupaten Provinsi Lampung. Penelitian berkesimpulan; (1) Kepemimpinan melayani dapat memberikan dampak positif pada penanganan konflik di lingkungan kerja guru dan juga meningkatkan produktivitas kerja mereka. (2) Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadap penanganan konflik dan produktivitas kerja guru. (3) Terdapat hubungan kuat antara kepemimpinan memberdayakan yang diperlihatkan oleh kepala sekolah dengan tingkat produktivitas kerja para guru. (4) Penanganan konflik berperan sebagai jembatan atau mediator yang membantu menghubungkan pengaruh positif kepemimpinan transformasional dengan peningkatan produktivitas kerja guru. (5) Kombinasi ketiga gaya kepemimpinan melayani, transformasi, dan memberdayakan, serta kemampuan penanganan konflik yang efektif, sekolahan memiliki potensi untuk mengatasi konflik secara lebih baik, menciptakan kepercayaan, dan mempromosikan kolaborasi yang positif di antara anggota tim. (6) Kombinasi ketiga gaya kepemimpinan ini (gaya kepemimpinan melayani, transformasional, dan memberdayakan prediktor untuk produktivitas kerja guru) dapat memberikan hasil yang sangat positif dalam meningkatkan produktivitas kerja guru. (7) Kombinasi dari keempat faktor ini (kepemimpinan melayani, menstransformasi, memberdayakan, dan penanganan konflik), produktivitas kerja guru meningkat secara keseluruhan. Kata kunci: kepemimpinan melayani, mentransformasi, memberdayakan, penanganan konflik, produktivitas kerja guru ABSTRACT The research aims to analyze the influence of serving, transforming, and empowering leadership on conflict resolution and its impact on teacher work productivity. This study uses a type of quantitative research with SEM to test the direct effect, indirect effect and simultaneous effect. The quantitative survey was used with school principals as the unit of analysis and teachers in public senior high schools as respondents with 300 teachers from 10,999 populations from 15 districts of Lampung Province. The research concludes: (1) Servant leadership can have a positive impact on conflict resolution in the teacher's work environment and also increase their work productivity. (2) Transformational leadership has a positive effect on conflict management and teacher work productivity. (3) There is a strong relationship between empowering leadership shown by the principal with the level of work productivity of the teachers. (4) Conflict handling acts as a bridge or mediator that helps link the positive effects of transformational leadership with increasing teacher work productivity. (5) The combination of the three leadership styles serves, transforms, and empowers, as well as effective conflict handling abilities, schools have the potential to better resolve conflicts, create trust, and promote positive collaboration among team members. (6) The combination of these three leadership styles (a servant leadership style, transformational, and empowering predictors for teacher work productivity) can provide very positive results in increasing teacher work productivity. (7) The combination of these four factors (serving leadership, transformational, empowering, and conflict handling), teacher work productivity increases overall. Keywords: servant leadership, transformational leadership, empowering leadership, conflict handling, teacher work productivity.

Jenis Karya Akhir: Disertasi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Program Studi Doktor Pendidikan (S3)
Pengguna Deposit: 2308927466 . Digilib
Date Deposited: 17 Oct 2023 08:10
Terakhir diubah: 17 Oct 2023 08:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76539

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir