PERANCANGAN SISTEM MONITORING DAN DATA LOGGING GAS METANA (CH4) UNTUK ANALISIS FLUKS KARBON PADA METODE EDDY COVARIANCE BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

Muhammad, Juan Pradana (2023) PERANCANGAN SISTEM MONITORING DAN DATA LOGGING GAS METANA (CH4) UNTUK ANALISIS FLUKS KARBON PADA METODE EDDY COVARIANCE BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (140Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kelapa sawit merupakan penghasil minyak untuk makanan maupun bahan bakar. Namun perkebunannya bisa menghasilkan gas metana dan dapat menjadi masalah lingkungan jika tidak dikelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem monitoring gas metana, termasuk suhu udara, kelembaban udara, kadar air di udara, dan tekanan udara. Controller yang digunakan adalah Arduino Portenta H7 dengan rincian sensor CH4, sensor tekanan udara, dan sensor suhu dan kelembaban udara. Pada pengembangan lebih lanjut, data dari perangkat monitoring ini bisa disandingkan dengan data arah dan kecepatan angin untuk dilakukan perhitungan Eddy Covariance. Dari data tersebut bisa didapat seberapa besar peran perkebunan kelapa sawit dalam kasus meningkatnya pemanasan global. Penelitian ini juga merancang data logger, solar charge controller data parser, dan platform Internet of Things. Data logger dan SCC data parser menggunakan Raspberry Pi 4 Model B dan dibangun pada platform Node-RED. Platform Internet of Things dibangun menggunakan database Postgresql, Express, dan Grafana. Perangkat monitoring gas karbon berhasil melakukan sensing data dengan rata-rata data harian 1,8 juta data. Data logger mampu menangani kecepatan data masuk sebesar 1 Hz hingga 9 Hz dari masing-masing perangkat monitoring gas karbon. Database Postgresql mampu melakukan proses data hingga 1,8 juta data lebih. Aplikasi backend bisa menangani permintaan masuk dan keluar data serta Grafana mampu menampilkan dashboard dari data yang diminta.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 003 Sistem-sistem
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Elektro
Pengguna Deposit: 2308149190 . Digilib
Date Deposited: 17 Oct 2023 10:12
Terakhir diubah: 17 Oct 2023 10:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76552

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir