PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X DI SMA NEGERI 5 METRO

BAGAS, NOOR PAMBUDI (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X DI SMA NEGERI 5 METRO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1214Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1154Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan komik digital terhadap literasi sains peserta didik kelas X materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 5 Metro. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 35 peserta didik dari kelas X IPA 1 dan sebanyak 35 peserta didik dari kelas X IPA 4. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimental tipe non-equivalent control grup design (desain kelompok kontrol), peneliti menggunakan desain ini karena penelitian ini berupa penelitian Pendidikan yang subyek penelitiannya bersifat labil atau tidak dapat diprediksi. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dengan soal tes (untuk mengukur kemampuan literasi sains) dan data kualitatif dengan angket responsibility peserta didik terhadap komik digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen mencapai 0,100 dengan kategori “tinggi” dan kelas kontrol 0,07% dengan kategori “rendah”, diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,000< 0,005 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan literasi sains peserta didik antara kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji skor rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, sehingga dapat didefinisikan diterima H1 dengan rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata N- Gain kelas kontrol. Kata Kunci: literasi sains, komik digital, keanekaragaman hayati

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308675837 . Digilib
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:39
Terakhir diubah: 18 Oct 2023 03:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76576

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir