PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM BASA

NUR, OKTAFIANA (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1378Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1265Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model problem-based learning berbasis etnosains dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi asam basa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperi-men dengan pretest-posttest control group design dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 13 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 210 siswa dan ditetapkan XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Pengaruh model problem-based learning berbasis etno-sains dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata pada n-Gain dan uji effect size terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan berpikir kritis siswa untuk kelas eksperimen sebesar 0,74 yang berarti termasuk dalam kriteria tinggi dan kelas kon-trol sebesar 0,54 yang berarti berarti termasuk dalam kriteria sedang. Hasil uji effect size menujukkan 96% tingginya keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dipenga-ruhi oleh pembelajaran dengan model problem-based learning berbasis etnosains. Ber-dasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model problem-based learning ber-basis etnosains berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan keterampilan berpi-kir kritis siswa pada materi asam basa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308359435 . Digilib
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:19
Terakhir diubah: 19 Oct 2023 02:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76593

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir