PERANAN MARCO KARTODIKROMO SEBAGAI PENDIRI INLANDSCHE JOURNALISTEN BOND (IJB) DALAM MELAWAN KOLONIALISME BELANDA TAHUN 1914-1932

ALIZA , OKTAVIANI (2023) PERANAN MARCO KARTODIKROMO SEBAGAI PENDIRI INLANDSCHE JOURNALISTEN BOND (IJB) DALAM MELAWAN KOLONIALISME BELANDA TAHUN 1914-1932. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (193Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1899Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1124Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Inlandsche Journalisten Bond (IJB) merupakan organisasi perkumpulan jurnalis bumiputera pertama di Hindia Belanda yang didirikan oleh Marco Kartodikromo, tujuan didirikan sebagai wadah menyalurkan gagasan-gagasan jurnalis bumiputera. Selain itu, Marco menerbitkan surat kabar Doenia Bergerak sebagai orgaan IJB. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui peranan Marco Kartodikromo sebagai Pendiri Inlandsche Journalisten Bond (IJB) dalam Melawan Kolonialisme Belanda Tahun 1914-1932. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yakni terdiri dari Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi data, dan Historiografi. Hasil penelitian ini menunjukan, Peranan Marco Kartodikromo sebagai pendiri Inlandsche Jounalisten Bond (IJB) dalam melawan Kolonialisme Belanda Tahun 1914-1932 ditunjukan dalam bentuk perjuangan diplomasi yang terdiri dalam beberapa tahapan aktivitasnya seperti menghimpun para jurnalis bumiputera, mendirikan surat kabar Doenia Bergerak, menyuarakan kritik dan narasi perlawanan melalui tulisan, serta menjalankan perannya sebagai aktivis pergerakan. Maka dari itu, aktivitas-aktivitas yang dilakukan Marco Kartodikromo tersebut menunjukan peranan aktifnya dalam melawan penjajahan kolonialisme Belanda. Kata Kunci : Peranan, Marco Kartodikromo, Inlandsche Journalisten Bond, Doenia Bergerak, Kolonialisme, Belanda.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 2308271609 . Digilib
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:14
Terakhir diubah: 18 Oct 2023 07:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76596

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir